Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pongki Barata Mendadak Jadi Editor

Kompas.com - 19/10/2012, 14:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sudah beberapa bulan ini penyanyi Pongki Barata (34) memiliki kesibukan baru. Ia menjadi editor untuk situs berita musik yang dibuatnya, yaitu www.kamarmusik.com. Situs yang diharapkan bisa menjadi tempat bagi para artis muik mempromosikan karya mereka.

"Awal-awalnya, saya harus membangun kepercayaan kepada para musisi supaya mengirimkan berita atau siaran persnya. Nah, ada band-band tertentu yang kemudian minta tolong diedit. Mendadak jadi editor," ungkap suami penyanyi Sophie Navita ini.

Setiap hari Pongki menargetkan bisa mengunggah satu berita. "Sekarang sudah lumayan, ada beberapa kontributor, ada yang khusus menulis musik jazz," ujar pemilik album Sunrise ini.

Meski mengaku menjadi editor dadakan, Pongki ternyata sudah memiliki ilmu jurnalistik yang cukup. Saat masih duduk di bangku SMA BOPKRI 1 Yogyakarta, ayah dua anak ini mengikuti kegiatan jurnalistik. Sejak masih bergabung dengan band Jikustik, ia juga membuat sendiri keterangan persnya.

"Jadi, saya tahu bagaimana membuat berita yang bisa memberikan informasi kepada orang lain, termasuk konsep 5W 1H. Selain itu, teman-teman saya banyak wartawan dan sering berdiskusi," ujarnya lagi.

Pongki mengungkapkan, saat ini situs berita musik yang dikelolanya memang belum menghitung untung ruginya, tetapi dia yakin usahanya itu bisa mendatangkan keuntungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com