Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratna Listy: Demi Keroncong

Kompas.com - 04/02/2013, 14:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Tergerak hati untuk memasyarakatkan musik keroncong, penyanyi Ratna Listy (39) baru-baru ini menyelesaikan album lagu keroncong. Namun, rencana peluncuran album bersampul mewah yang berjudul Keroncong Asli itu mundur karena Hendarmin Susilo, pemilik label Gema Nada Pertiwi yang memproduksi album itu, meninggal.

"Tetapi, albumnya sudah beredar, kok," ucap Ratna. Ia merasa beruntung mendapat dukungan dari Hendarmin dan pencipta lagu keroncong Ariyanta Rusmana hingga album itu terwujud.

Bagi biduan asal Madiun, Jawa Timur, tersebut, lagu keroncong bukan hal baru. Itu karena Ratna pernah menjadi juara Bintang Radio Keroncong tingkat Jawa Timur tahun 1989. Setelah pindah ke Jakarta, ia malah banyak menyanyi lagu pop.

Beruntung, pada tahun 2010 stasiun TVRI memintanya menjadi pembawa acara Gebyar Keroncong yang mendapat tanggapan bagus pemirsa dari Sumatera sampai Papua. "Padahal, kita punya beda waktu satu hingga dua jam dengan waktu Papua," ujarnya. Kondisi itu membuat dia berjuang memasyarakatkan lagu keroncong lagi.

Salah satu lagu di album itu berjudul "Bengawan Solo" karya almarhum Gesang. "Senang sekali bisa menyanyikan lagu Pak Gesang yang asli dan berbeda dengan lagu yang biasa kita dengar itu," ungkapnya. (TRI)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com