Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerard Depardieu Resmi Jadi Warga Saransk

Kompas.com - 24/02/2013, 21:29 WIB

MOSKOW, KOMPAS.com -- Aktor, sutradara, dan pebisnis dari Perancis Gerard Depardieu secara resmi telah terdaftar sebagai penduduk tetap di kota Saransk, Rusia.

Depardieu mengajukan permohonan untuk menjadi warga negara Rusia setelah Pemerintah Perancis meluncurkan kritik atas keputusannya untuk pindah ke luar negeri demi menghindari pajak tinggi. Depardieu terdaftar tinggal di One Democracy Street, Saransk, wilayah Mordovia, 400 kilometer sebelah timur Moskow.

Setelah upacara pemberian kewarganegaraan, ia menyampaikan sejumlah kata dalam bahasa Rusia. "Mulia! Kemuliaan untuk Saransk, kemuliaan untuk Mordovia, kemuliaan untuk Rusia!" ucapnya.

Siaran televisi Rusia menyebutkan bahwa terdaftarnya Depardieu di alamat baru itu mengandung unsur simbolik.

Budaya Rusia
Jumat lalu (23/2/2013), setelah mengunjungi Teater Bolshoi dan Sinema Illuzion di Moskow, Depardieu mengatakan sangat akrab dengan budaya Rusia.

"Saya sangat mencintainya. Saya juga tahu komposer Anda. Saya bisa mengatakan bahwa saya lahir dengan budaya Rusia," tutur nomine Academy Awards 1990 untuk perannya dalam film Cyrano de Bergerac ini.

Depardieu mendapatkan kewarganegaraan Rusia melalui surat keputusan yang ditandatangani oleh Presiden Vladimir Putin pada 3 Januari 2013. Ia mengaku bahwa dirinya terkena pajak yang tinggi, setelah Presiden Perancis, Francois Hollande, mengatakan akan menaikkan pajak sebesar 75% kepada warga yang berpenghasilan lebih dari satu juta euro atau Rp 12 miliar per tahun.

Depardieu menuduh pemerintah sosialis menghukum "kesuksesan, kreasi, dan bakat", dan mengumumkan dirinya akan pindah ke Belgia pada awal Desember 2012. Perdana Menteri Perancis, Jean-Marc Ayrault, menyebut bahwa keputusannya untuk pindah ke luar negeri sebagai langkah yang "buruk dan tidak ksatria".

Lelaki yang menyebut Putin sebagai teman itu telah menjalin hubungan erat dengan Rusia, negara yang menetapkan pajak penghasilan pribadi sebesar 13 persen. Ia juga muncul dalam iklan kartu kredit bank di Rusia dan tampil dalam situs bank tersebut.

Pada 2011, Depardieu mendapat peran utama dalam film Rasputin, sebuah film yang diproduksi oleh Perancis-Rusia mengenai biarawan eksentrik Grigory Rasputin.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com