Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hollywood Kurangi Adegan Seks dalam Film

Kompas.com - 28/04/2013, 19:01 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Apakah Anda menyadari bahwa adegan seks dalam film-film Hollywood 18 bulan terakhir terus berkurang?

Data yang dikeluarkan oleh divisi film perusahaan riset Ipsos menyebutkan bahwa hampir tidak ada adegan seks dalam film-film Hollywood yang dirilis dalam 18 bulan terakhir. Disebutkan, salah satu alasan yang melatarbelakangi pengurangan adegan seks itu adalah, film-film dengan sedikit adegan seks berarti lebih ramah keluarga dan bisa mendorong orang-orang untuk membayar tiket pertunjukan.

Spring Breakers, The Paperboy, dan Gangster Squad merupakan sedikit dari film-film yang baru dirilis yang memiliki adegan seks di dalamnya.

Lalu, apakah para pemeran film juga menyadari pengurangan adegan seks itu? Aktris Andrea Riseborough, yang bermain bersama Tom Cruise dalam film laris Oblivion, mengatakan bahwa adegan seks mereka lebih berupa bayangan dengan pencahayaan lemah di bahu mereka.

Bintang lain Oblivion, aktris Olga Kurylenko, mengutarakan bahwa adegan seks dalam film tidak selalu dibutuhkan. "Semakin kita lihat, semakin banyak yang tidak mengejutkan kita," katanya. "Tidak terlalu dibutuhkan, itu sesuatu yang orang bisa dapatkan di rumah," katanya lagi.

Sutradara Joe Kosinski mengatakan, orang-orang jelas tidak datang ke gedung bioskop untuk menonton adegan seks. "Adegan dalam film, saya tidak akan menyebutnya sebagai adegan seks," ucapnya. "Mereka sangat romantis dan saya rasa itu yang orang inginkan. Mereka ingin romansa," ucapnya pula.

Aktor The Dark Knight, Aaron Eckhart, mengatakan, jika dia diminta untuk bermain dalam sebuah film yang memiliki adegan seks, dia akan memangkasnya.

"Saya tidak tahu apakah adegan itu efektif lagi terutama dengan keberadaan internet sekarang," katanya. "Adegan itu membosankan menurut saya, tidak pernah realistis, dan para aktor selalu merasa kikuk saat beradegan itu," sambungnya.
"Saya ingin seluruh anggota keluarga bisa datang dan melihat film. Dan, saya rasa kita bisa membuatnya lebih ramah keluarga, itu adalah hal yang bagus," katanya lagi.

Film terbaru Gerard Butler, Olympus Has Fallen, menampilkan lebih banyak kekerasan ketimbang adegan-adegan lainnya. Tapi, sebagai aktor, dia mengatakan bahwa dia tidak akan terlalu senang jika adegan seks dihapus sepenuhnya.

"Saya di tengah orang yang ingin adegan itu dikembalikan," ujarnya. "Saya salah satu aktor yang menikmati beradegan tersebut," lanjutnya. "Masalah dengan adegan seks adalah adegan ini sering dilakukan dan ada banyak cara untuk melakukannya. Itu harus relevan dengan naskah film," ujarnya lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com