Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Tas ala Victoria Beckham, Bikin Sakit Otot

Kompas.com - 05/06/2013, 16:01 WIB

LONDON, KOMPAS.COM -- Perancang fashion Victoria Beckham telah dituding sebagai biang  pemunculan sebuah masalah kesehatan baru. Jumlah perempuan yang mencederai diri sendiri lantaran sering membawa tas tangan yang kelewat berat dan besar, seperti Victoria, meningkat.

Masalah kesehatan itu dijuluki Poshitis, berasal dari Posh, nama sebutan Victoria ketika menjadi personel grup vokal Inggris Spice Girls. Poshitis merupakan menegangnya otot bahu. Hal tersebut dialami oleh Victoria karena ia kerap membawa tas yang terlalu berat dan besar pada sikunya. Para perempuan lain yang meniru gaya penampilan Victoria itu mengalami hal yang sama.

Para profesional bidang kesehatan telah memperingatkan kaum perempuan bahwa meniru penampilan ikon fashion mereka dan mengenakan tas yang kelewat berat dan besar, serta tanpa mengenakan tali pada bahu, bisa secara serius merobek otot dan membuat tendon bahu meradang.

Sammy Margos, ahli fisioterapi di London, Inggris, mengatakan kepada surat kabar The Express, "Kami telah melihat tas tangan yang beratnya 9,6 kg. Itu bisa menyebabkan cedera ketegangan berulang dan nyeri pada bahu dan leher." Lanjut Margos, "Para perempuan mungkin berpikir bahwa mereka sedang mengikuti tren di catwalk, padahal mereka tengah menimbun masalah. Kami telah melihat peningkatan besar dalam masalah bahu dan leher. Sepatu yang memiliki hak terlalu tinggi pun bisa menambah tekanan pada postur."

Istri David Beckham, mantan pesepak bola Inggris, ini merupakan salah seorang pematok tren terdepan Hollywood. Karena gaya penampilannya, ia juga bertanggung jawab atas banyak masalah kesehatan yang tidak terlalu berbahaya, seperti mengenakan kacamata gelap sepanjang waktu.

Sebelum ini ia pernah mengungkapkan tips berpenampilan yang berkait dengan kacamata gelap. "Jangan pernah lupa kacamata gelap Anda--kacamata itu menjadi pelengkap pemungkas gaya penampilan apa pun," tutur ibu empat anak ini.

Berbicara mengenai kesukaannya akan tas, ia mentakan kepada majalah Grazia, "Pastikan Anda selalu melengkapi busana Anda, mengingat tas yang tepat bisa mendukung pakaian Anda."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com