Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Ramadhan, Makam Uje "Memerah"

Kompas.com - 06/07/2013, 14:06 WIB
Heru Margianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat, ramai dikunjungi peziarah, Sabtu (6/7/2013). Orang ramai lalu lalang sejak di gerbang masuk hingga areal pemakaman. Jalan Kyai Haji Mas Mansyur di depan makam itu pun dipenuhi kendaraan yang parkir.

Dari gerbang hingga ujung jalan pemakaman, para pedagang terlihat berjejer menawarkan aneka dagangan. Ada bunga untuk nyekar di kuburan, air bunga mawar, aneka pernak-pernik hingga makanan pun tersedia di area TPU.

Orang-orang terlihat membersihkan makam sanak saudaranya yang sudah meninggal. Awan (29) mengungkapkan, ia datang berziarah ke makam keluarganya. "Saya sudah biasa setiap menjelang puasa selalu menyempatkan diri berziarah ke makam keluarga saya di sini," katanya.

Di pemakaman ini juga terdapat kubur almarhum Ustaz Jefri Al Buchori. Makam Uje, demikian almarhum dipanggil, terlihat ramai. Sebuah pengeras suara dipasang di atas sebuah bambu dekat makamnya. Persis di atas pusaranya terbentang sebuah terpal berukuran lebih kurang 6 x 6 meter.

Seorang pemandu doa tak henti-henti melantunkan doa dan ayat-ayat suci Al Quran. Silih berganti orang datang dan pergi di makam Uje. Kuntum-kuntum bunga berwarna merah menutupi seluruh gundukan rumah keabadian Uje. Makam itu memerah. Harum mawar merebak dari air bunga yang disiram para peziarah di atas pusara itu. Di sisi nisan, sebuah pigura bewarna emas membingkai foto Uje yang sedang tersenyum. (Adi Suhendi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com