Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Kandung Idris Sardi Meninggal

Kompas.com - 10/10/2013, 17:21 WIB
Jodhi Yudono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com--Ibu kandung maestro biola Indonesia Idris Sardi yang juga tokoh besar perfilman Indonesia, Hadidjah, berpulang ke Rahmatullah dalam usia 90 tahun pada Kamis 10 Oktober 2013, sekira pukul 05.45 WIB.

Aktris yang juga nenek dari aktor Lukman Sardi ini telah dimakamkan hari ini di Pemakaman Menteng Pulo, Jakarta Pusat Pukul 13.00 WIB. Selain keluarga besar Idris Sardi, Fadli Zon yang merupakan sahabat karib Idris Sardi juga turut hadir mengiringi proses pemakaman Hadidjah.

Hadidjah lahir dari keluarga seniman pasangan Habibah dengan Harun Seman. Sama seperti kedua orang tuanya, Hadidjah juga terjun ke dunia seni. Hadidjah adalah pemain film terkenal pada 1936 dari JIF (Java Industrial Film Coy). Menjadi pemeran utama sejumlah film, di antaranya: Alang-Alang (1939), Roesia si Pengekor (Hadji Saleh) (1939), Matjan Berbisik (1940), Rentjong Atjeh (1940), Si Gomar (1941), Singa Laoet (1941), Srigala Item (1941).

Film Alang-Alang sukses dan memacu kemajuan industri film masa itu dan disebut “Jungle film” pertama di Indonesia. Hadidjah mendapat julukan “Jungle Woman” sedangkan bintang laki-laki, Mochamad Mochtar, dijuluki “Tarzan van Java".

Dalam film Cucu (1973), Hadidjah bermain bersama Halida Hatta (putri Bung Hatta). Selain di dunia film, Hadidjah juga berbakat menyanyi, menari dan teater. Atas dedikasinya di dunia seni dan perfilman, Hadidjah mendapatkan penghargaan dari Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin.Kini, Indonesia telah kehilangan satu lagi tokoh besar dunia seni dan perfilman. Semoga totalitas dan dedikasi Hadidjah dapat menjadi inspirasi dan ditiru oleh generasi masa kini. (Fadli Zon, Founder Fadli Zon Library dan penulis buku biografi IDRIS SARDI, Perjalanan Maestro Biola Indonesia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com