Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bintang Laga Jet Li Idap Hipertiroid

Kompas.com - 27/12/2013, 23:31 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber ANT/CNA

TAICANG, KOMPAS.com - Bintang film laga Jet Li mengaku menderita hipertiroid (hyperthyroidism). Pengakuan itu dia sampaikan di sela rekaman pertunjukan bakat di televisi China, Selasa (24/12/2013).

"Saya memiliki hipertiroid. Kadang-kadang saya kehilangan (berat badan) 15 kilogram, kadang-kadang mendapatkan 15 kilogram," ujar dia seperti dikutip dari media China.

"Saya benar-benar gemuk sekarang, itu fakta," aku Li. Dia mengatakan saat ini tidak bisa berolahraga karena masih mengonsumsi obat yang mempengaruhi detak jantung.

Tanpa berolahraga saja, kata Li, detak jantungnya bisa di kisaran 130 atau 140 kali per menit. Sementara detak jantung normal untuk lelaki adalah 60 sampai 100 kali per menit.

Hipertiroid adalah kondisi ketika kelenjar tiroid terlalu aktif. Kelenjar ini berfungsi mengatur metabolisme tubuh manusia.

Kondisi tersebut tidak dapat disembuhkan dan hanya dapat dikendalikan. Di antara gejala hipertiroid adalah peningkatan detak jantung serta lekas marah dan lelah.

Li yang menjadi juri pada pertunjukan bakat tersebut terlihat tenang saja meskipun mengaku menderita hipertiroid. "Saya bukan Wong Fei Hung, Huo Yuan Jia, atau pahlawan super lainnya," kata dia.

"Seperti halnya Anda, saya memiliki hari terbaik... serta hari-hari ketika saya bertanya-tanya apakah masih akan bisa terus bekerja," lanjut Li. "Saya bisa merasa sakit tapi saya tidak boleh menangis. Saya harus menghadapinya."
"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANT/CNA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com