Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vino G Bastian Senang Jadi Tentara Pejuang

Kompas.com - 24/04/2014, 19:05 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Lepas dari sosok urakan yang sering diperankannya, aktor Vino Giovanni Bastian (32) mendapat peran sebagai tentara di film 3 Nafas Likas karya sutradara Rako Prijanto. Ia mengaku senang memerankan tokoh pejuang Djamin Ginting dari Tanah Karo, Sumatera Utara.

"Djamin Ginting itu pejuang kemerdekaan dari Sumatera Utara. Sebagai tentara ia otoriter, tetapi di tengah keluarga ia tinggalkan gaya otoriter itu sehingga tidak dibenci keluarganya, malah menjadi panutan," kata Vino, saat syukuran produksi film beberapa hari lalu.

Untuk menghayati peran, Vino belajar sejarah. Ia mencari tahu sosok Djamin Ginting dan kondisi sosial politik di Tanah Karo pada masa sekitar tahun 1930-an.

"Saya jadi tahu bahwa perang pada masa itu belum ada kesatuan militer, belum ada baju resmi seperti tentara sekarang," ujar Vino.

Meski ini film tentang pejuang, tidak banyak adegan peperangan yang ditampilkan.

Menurut Vino, 3 Nafas Likas lebih menampilkan relasi Djamin dengan keluarganya, yakni istri dan anaknya. Dia adalah sosok tegas, tapi tidak paternalistik. Djamin sering mengajak diskusi Likas, istrinya, tentang segala hal. Ia juga mendorong istrinya menjadi perempuan yang maju.

Salah satu semboyan Djamin yang memukau Vino adalah "Bagaimana saya bisa dihargai di luar kalau di keluarga belum dihargai". Ia mengaku menjadi kepala rumah tangga tidak mudah karena harus membimbing keluarga.

Vino dalam beberapa bulan ini sudah mempelajari budaya Batak Karo, bagaimana kehidupan sosial mereka, dan juga dialek percakapan sehari-hari.

Sebelum berangkat syuting ke Karo, Sumatera Utara, ia beberapa kali mendatangi sebuah rumah makan Karo di Cililitan, Jakarta Timur.

"Gue nongkrong ngeliatin cara mereka ngobrol," ujarnya. (Lusiana Indriasari)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com