Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seniwati Balet Farida Oetoyo, Ibunda Aksan Sjuman, Berpulang

Kompas.com - 18/05/2014, 16:07 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Duka yang dalam dirasakan oleh pemain drum, pencipta komposisi musik, dan aranjer Sri Aksana Sjuman atau Aksan. Ibunya, seniwati balet nasional Farida Oetoyo (74), meninggal dunia dalam perawatan di Rumah Sakit Bintaro, Tangerang Selatan, Minggu (18/5/2014) pukul 03.50 WIB. Farida--yang mantan istri mendiang sutradara Sjuman Djaya dan mantan mertua pemain drum, artis peran, dan model Titi Rajo Bintang--diketahui berpenyakit jantung.

"Beliau sakit jantung. Tadi malam, jam 01dini hari.00, mulai memburuknya, tekanan darahnya drop. Jam jam 03.50 pergi (meninggal) dengan tenang," kata Amaranila Lalita Drijono atau Nila, saudara sepupu Aksan, yang mewakili pemain drum grup Potret tersebut dalam wawancara di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Minggu siang, setelah jenazah Farida dimakamkan.

Diceritakan oleh Amara, Farida bukan baru sekali dirawat di rumah sakit karena penyakit jantungnya. Namun, Farida sama sekali tak pernah mengeluhkan kondisinya itu.

"Dia enggak pernah ngeluh, semangatnya yang saya kagumi," tutur Nila.

"Di usia 75 masih sempat mengajar. Beliau ingin sekali seni tradisi yang melengkapi balet itu," kata Nila lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com