Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fotonya Dimanipulasi untuk Kampanye, Iwan Fals Sebut "Brengsek"

Kompas.com - 23/06/2014, 15:52 WIB
Irfan Maullana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Artis musik kenamaan Iwan Fals (52) menunjukkan keberatannya karena sebuah foto aksi panggungnya dimanipulasi dengan bantuan teknologi digital sehingga ia tampak mengenakan t-shirt putih bergambar pasangan calon presiden Prabowo Subianto dan calon wakil presiden Hatta Rajasa dan sedang berkampanye dengan menyanyi sambil bermain gitar. Foto itu beredar di dunia maya.

Biasanya, pada akunTwitter-nya, @iwanfals, pelantun lagu "Bongkar" ini hanya menyebut kata "ngawur" untuk mengklarifikasi foto-fotonya yang sudah dimanipulasi dengan bantuan teknologi digital oleh pihak tertentu. Baru kali ini Iwan mengeluarkan kata "brengsek". 

"Wah brengsek nih foto sy banyak dipake dukung si inilah siitulah, gak kreatif banget," tulis Iwan pada akun Twitter miliknya, Sabtu (21/6/2014) lalu.

Rupanya Iwan, yang memiliki banyak penggemar di seluruh Tanah Air, khawatir publik akan salah menilai karena melihat foto tersebut. 

"waduh kasian yg gak tau, disangkanya sy dukung siini atau siitu, gimana ya," kicau Iwan juga pada hari yang sama. 

Foto tersebut juga menimbulkan reaksi para pengguna lain Twitter.  

"Wooiii.. Itu foto Rekayasa !!! Jangan dipakai !! Cc @iwanfals @Hengkychova: Salam 1 Jari ! Prabowo Hatta http://t.co/z7LOXdPqGe," tulis pemilik akun @bambangelf

Dalam masa kampanye Pemilihan Presiden 2014, Iwan memilih untuk merahasiakan siapa capres dan cawapres yang didukungnya. 

"Klo soal milih wi atau wo biar sy & kotak suara sajalah yg tau. Selamat Nowela," kicau Iwan pada 24 Mei 2014, bertepatan dengan kemenangan vokalis Nowela dalam Indonesian Idol 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com