Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Iwan Fals Iseng-iseng Membuat Jajak Pendapat "Cap Jempol" Pilpres...

Kompas.com - 10/07/2014, 08:03 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Musisi Iwan Fals iseng-iseng membuat jajak pendapat pribadi soal dukungan untuk dua pasangan calon presiden-wakil presiden peserta Pemilu Presiden 2014. Namun, pada hari pemungutan suara dia tak berani memprediksi hasilnya.

"Saya enggak tahu, saya bukan pakar, saya hanya orang liar yang punya ide untuk bikin survei cap jempol," kata Iwan usesai mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 04, Desa Leuwinanggung, Kecamatan Tapos, Depok, Jawa Barat, Rabu (9/7/2014).

Sebelumnya, Selasa (8/7/2014), Iwan menulis dua status berturut-turut di akun Facebook-nya. "Jika pilih capres nomor urut 1 silakan like status ini," tulis Iwan. Tak berselang lama, dia pun menulis lagi, "Jika pilih capres nomor urut 2 silakan like status ini."

Sejak diunggah Iwan pada Selasa pukul 16.30 WIB, kedua status langsung mendapat banyak tanda "like" dari para pengikut dan pemantau akunnya yang sudah terverifikasi tersebut. Pada Kamis (10/7/2014) pagi, kedua status masih memperlihatkan jejak semangat orang-orang yang mengikuti keisengan Iwan.

Pada Kamis pukul 08.00 WIB, terpantau status untuk pasangan nomor 1 Prabowo Subianto-Hatta Rajasa mendapatkan tanda like dari 191.147 akun, dan disebar ulang oleh 4.132 akun. Adapun status ntuk pasangan nomor 2 Joko Widodo-Jusuf Kalla mendapatkan 264.914 tanda like dan disebar ulang oleh 8.093 akun.

Iwan memberi pengantar untuk dua status tersebut dalam unggahan status yang berbeda. Dia menulis, "Selamat sore. Sudah siap nyoblos besok? Iseng-iseng kita latihan dulu disini pakai jempol (like). Caranya, setelah ini saya akan post 2 status tentang pilihan calon presiden, like di status sesuai dengan pilihan kalian. Mulai ya!"

Setelah dua status untuk masing-masing pasangan calon peserta Pemilu Presiden 2014, Iwan kembali mengunggah status lain. Dia menulis, "2 status sebelum ini adalah semata-mata latihan voting, coba disimak lagi status pembukanya sore tadi --> 'Selamat sore. Sudah siap nyoblos besok? Iseng-iseng kita latihan dulu disini pakai jempol (like).
Caranya, setelah ini saya akan post 2 status tentang pilihan calon presiden, like di status sesuai dengan pilihan kalian. Mulai ya!'."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com