Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Iblis Jalanan" dari Bangkutaman

Kompas.com - 13/12/2014, 14:00 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Kelakuan pengendara sepeda motor di jalanan menarik untuk diamati. J Irwin, pemetik gitar band Bangkutaman, yang sehari-hari mengendarai kuda besi itu menuliskannya dalam lagu "Iblis Jalanan".

Setelah itu, kelompok pembuat film Gundala Pictures membuat film pendek berdasarkan lagu itu, dalam judul yang sama.

"Lagunya sudah dirilis sejak April lalu dalam minialbum bersama lagu ’Langkah Baru’. Film dokumenter ini sekaligus jadi videoklip untuk lagu ’Iblis Jalanan’," kata vokalis Wahyu Nugroho alias Acum setelah tampil dalam pemutaran perdana film itu di Kineforum, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Kamis (11/12/2014).

Film itu disutradarai Salman Farizi, dibantu Sesarina Puspita dan Dana Putra sebagai penata kamera serta Juan Mayo yang menjadi editor. Film itu menceritakan kisah para penunggang sepeda motor pada wahana hiburan tong setan di pasar malam.

Pengambilan gambarnya dilakukan selama tiga hari saat ada pasar malam di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. Selain Irwin dan Acum, personel Bangkutaman lainnya, Dedyk (drum) dan Madava (gitar), juga muncul dalam film itu.

Salman bercerita, film itu terinspirasi dari lirik "Iblis Jalanan" yang ditulis Irwin.

"Saya ingin membuat film yang lebih panjang dari lirik lagu itu. Saya sudah ada ide untuk mengikuti kelompok pasar malam yang berpindah tempat, tetapi terkendala dana. Untuk bikin film ini, Gundala berpatungan dengan band. Total biayanya Rp 3 juta untuk konsumsi dan ongkos keamanan," kata Salman. (HEI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com