Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Betapa Hangatnya Jazz Gunung "Kaping Pitu"

Kompas.com - 04/06/2015, 11:25 WIB


Menginjak usia yang ke-7, pagelaran seni musik Jazz Gunung kembali diselenggarakan pada 12-13 Juni 2015 di panggung terbuka Java Banana, Bromo, Probolinggo, Jawa Timur.

Event yang menawarkan pengalaman menikmati musik di ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut ini menjadi peristiwa yang paling ditunggu-tunggu oleh para penikmat Jazz.

Selama dua hari penonton akan diajak untuk bersatu dengan alam dan musik melalui senandung dan dentuman instrumen para musisi jazz dari dalam dan luar negeri.

"Kali ini warnanya lebih beragam. Bedanya kali ini memang tidak ada yang tradisional tapi kita hadirkan yang muda, seperti Andien dan Tulus. Dan uniknya akan ada Malacca Ensemble yang menghadirkan musik pantai ke panggung sedingin itu. Bayangkan betapa hangatnya Jazz Gunung kaping pitu!" ujar Djaduk Ferianto dalam Konferensi Pers Jazz Gunung, di Griya Perbanas, Rabu (3/6/2015).

Djaduk selaku kurator dalam konser ini mengaku kesulitan saat menyeleksi penampil di setiap tahunnya. Baginya mencari musisi yang mampu mewakili tema dan menentukan alur di setiap hari pertunjukkan adalah bagian yang melelahkan. Sejak dua bulan lalu Djaduk dan tim telah menetapkan para penampil yang siap menggetarkan Bromo dan lebih dari 1.700 penikmat jazz.

Selain Andien dan Tulus yang baru pertama kali tampil di Jazz Gunung, di antaranya akan tampil juga Yuri Jo Collective, Jay & Gatra Wardaya, Ina Ladies, Beben Jazz and Friends, dan penampilan tahunan kolaborasi Ring of Fire dari Djaduk Ferianto, penyanyi keroncong Endah Laras, dan gitaris Tohpati.

Sigit Pramono selaku promotor acara mengungkapkan bahwa Jazz Gunung dan Bromo merupakan sebuah kesatuan layaknya sisi mata uang. Alam, musik, dan manusia tidak dapat dipisahkan.

"Bromo wisata alam terindah nomor tiga di dunia adalah tempat yang tepat kita mengapresiasi keberadaan alam dan seni. Kita buktikan bahwa energinya akan membuncah," ujarnya.

Sampai saat ini tiket VIP dinyatakan sold out namun masih ada kesempatan bagi Anda yang ingin menikmati peristiwa budaya ini di kursi festival, masih tersisa 10 persen lagi. www.jazzgunung.com menyediakan informasi terbaru tentang tiket dan akomodasi pilihan selama Jazz Gunung berlangsung.

Selamat menikmati alunan Jazz di tengah ramahnya Bromo, Sahabat!

(Sekar Rarasati)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com