Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video: Kompilasi "Lifehack" Khas Indonesia

Kompas.com - 25/07/2015, 07:15 WIB
Arief Kurniawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Istilah lifehack tak cuma berlaku dan populer di negeri orang saja. Di Indonesia pun sudah ada, bahkan sebelum istilah lifehack populer seperti sekarang.

Tersimpan beragam lifehack, berserakan di tiap penjuru pulau. Tak sedikit metode-metode unik yang dilakukan masyarakat Indonesia dalam mengatasi suatu hal. Hanya bermodalkan kreativitas, segala sesuatunya tampak berbeda lagi unik. Katakanlah, lifehack khas Indonesia.

Mungkin, di antara sekian banyak orang pernah melakukan lifehack dengan menggunakan karet gelang. Apa yang bisa dilakukan dengan satu karet gelang? Ya, karet gelang mampu menggantikan sebuah penghapus pensil. Lilitkan saja karet gelang di ujung pensil dan cobalah mulai menghapus kesalahan tulis. Alhasil, arang pensil terhapus meski tertinggal noda hitam barang sedikit.

Pernah mengalami kerusakan penutup baterai ponsel? Tak usah khawatir, karet gelang bisa jadi penyelamat. Taruh penutup baterai ponsel di tempat semula. Lalu, ikat dengan karet gelang. Masalah selesai.

Tak perlu membeli sandal jepit baru bila pautan jempol kaki terputus. Hanya dengan sebuah paku, masalah bisa terselesaikan. Ambillah paku dan tusukan pada bagian bawah pautan jempol kaki sehingga dapat menyangga. Alhasil, sandal jepit bisa dipakai kembali.

Demikian beberapa contoh kecil lifehack khas Indonesia. Masih banyak lagi yang lainnya. Soal itu, tim Video Kompas.com mencoba menyajikan sebagian kecil lifehack khas Indonesia lainnya dalam video di bawah ini. Maka, saksikanlah!

Atau dapat mengunjungi tautan berikut:

Kompilasi Lifehack Khas Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com