Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Produser Kondang Mundur, PPFI Pecah?

Kompas.com - 18/09/2015, 09:57 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Produser kondang Ody Mulya Hidayat dan Chand Parwez Servia mengundurkan diri dari Persatuan Produser Indonesia (PPFI) setelah kecewa terhadap hasil putusan kongres pemilihan ketua umum. Alasannya, Ody mengaku kecewa kepada produser Firman Bintang yang mengklaim telah memenangi pemilihan ketua umum PPFI dengan raihan 19 suara 

"Pada pemilihan sudah tidak sesuai visi-misi lagi. Tidak sesuai AD/ART. Itu yang saya sayangkan dan saya merasa enggak puas aja," ujar Ody kepada saat dihubungi per telepon oleh Kompas.com di Jakarta, Kamis (17/9/2015) malam.

Ody menekankan bahwa Firman telah keliru mengartikan hasil voting. Menurut produser Maxima Production tersebut, pemilihan dan pengangkatan ketua PPFI sejatinya dilakukan atas dasar hasil urun rembuk tiga formatur yang dipilih secara voting dalam kongres.

"Jadi begini, voting itu hanya untuk menentukan tiga formatur yang akan memilih ketua PPFI. Jadi hasil voting dalam kongres itu bukan untuk mencari ketua, tapi untuk menentukan siapa saja yang akan mengisi pos tiga formatur itu," jelas Ody.

"Percuma dong dibentuk tiga formatur untuk menentukan siapa ketuanya kalau Firman klaim sudah sah jadi ketua karena terpilih 19 suara hasil voting," lanjutnya.

Dengan begitu, Ody menegaskan bahwa dirinya dan Parwez enggan mengakui status Firman sebagai ketua umm PPFI periode 2015-2018. "Kami belum putuskan Pak Firman. Kalau dia mau klaim silakan saja. Dua dari tiga formatur ini, saya dan Parwez belum mengakui dia sebagai ketua. Saya masih minta waktu untuk mikir," katanya.

Selain itu, yang menjadi permasalahan lainnya adalah para produser senior dalam PPFI sepakat bahwa organisasi tersebut perlu peremajaan kepengurusan, sehingga dalam hal ini Firman yang sudah pernah menjabat sebagai ketua pada periode sebelumnya diminta legawa untuk mengoper tongkat estafet kepada produser yang lebih muda. 

"Iya pak Firman langsung (bilang). Dia pernah statement mau mengundurkan diri (dalam pemilihan ketua umum). Kami (anggota) sepakat akan ada beberapa calon regenerasi baru. Tapi dia tampil lagi dan menang. Entah ada kepentingan pribadi atau apa, yang pasti ini organisasi bersama, buka perusahaan milik pribadi," kata Ody.

Saat disinggung akankah PPFI pecah menjadi dua kubu, Ody tak menjawabnya secara pasti. Dirinya hanya menyatakan mundur dari keanggotaan. "Buat apa lagi? Ini sudah tidak sesuai dengan AD/ART. Saya dan Pak Parwez millih walkout saja," ujar Ody.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com