Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulang Tahun, Menteri Tjahjo Rilis Buku dan Duet Bareng Nia Daniati

Kompas.com - 02/12/2015, 16:56 WIB
Nabilla Tashandra

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meluncurkan buku bertajuk "Politik Hukum Pilkada Serentak" di Kantor Kementerian Dalam Negeri Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (1/12/2015).

Selain meluncurkan buku karangannya, politisi Partai PDI Perjuangan tersebut sekaligus merayakan ulang tahunnya yang ke-58.

Usai secara simbolis memberikan buku yang ditulisnya kepada Sekjen Kemendagri Yuswandi Temenggung, Kepala BNN Budi Waseso, hingga Panglima TNI Gatot Nurmantyo, Tjahjo naik ke atas panggung dan menyanyikan dua lagu bersama penyanyi Nia Daniati.

Bak penyanyi profesional, Tjahjo menembangkan lagu "Surat Undangan" yang dipopulerkan vokalis Yuni Shara bersama Nia. Pada lagu kedua, ia menyanyikan lagu grup band Kerispatih yag berjudul "Demi Cinta".

Tak seperti lagu sebelumnya, kali ini ia tak berduet dengan Nia. Sontak, seisi aula turut bernyanyi bersama Tjahjo saat lagu memasuki bagian reffrain. Tepuk tangan pun mengalir saat lagu selesai dibawakan.

Ditemui usai acara, Tjahjo mengatakan, buku yang ditulisnya itu beberapa di antaranya membahas mengenai masalah pendidikan politik dan tanggungjawab Pilkada serentak ke seluruh bangsa.

Ia menjelaskan, banyak pihak terlibat dalam pilkada serentak, misalnya TNI yang saling dukung dengan kepolisian untuk membantu distribusi logistik Pilkada jika terkendala.

"Saya kira semua terlibat. Ini kan bagian dari proses untuk membantu tata kelola hubungan antara pusat dan daerah yang efektif dan efisien, itu saja intinya," ujar Tjahjo.

Ditemui di acara yang sama, Panglima TNI Gatot Nurmantyo mengatakan, buku tersebut merupakan kado bagi masyarakat Indonesia dan bisa menjadi bahan pembelajaran bagaimana pilkada yang efektif dan efisien.

Ia berharap, pimpinan-pimpinan daerah yang terpilih adalah calon-calon berjenjang yang memiliki obsesi menjadi pemimpin daerah seperti presiden Joko Widodo dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat.

"Pak Jokowi, pernah walikota, gubernur, sekarang presiden. Begitu juga Wagub DKI, pernah jadi Walikota di Blitar kemudian Wakil Gubernur," kata Gatot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau