Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dhea Ananda: Emansipasi Ada, tetapi Jangan Lupa Kodrat Perempuan

Kompas.com - 21/04/2016, 08:01 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Dhea Ananda (29) mengatakan, saat ini memang sudah eranya emansipasi wanita atau persamaan hak, seperti yang diperjuangkan oleh Raden Ajeng Kartini dulu.

Namun istri Ariel "Nidji" itu berharap perempuan Indonesia tidak dibutakan oleh ideologi emansipasi lalu lantas melupakan kodratnya.

"Cewek sama cowok sekarang, sama aja sih. Walaupun memang ada emansipasi wanita, tapi tetep jangan lupa kodrat sebagai perempuan," ucapnya dalam wawancara di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Senin (11/4/2016) malam.

Mantan penyanyi cilik ini mengambil contoh kehidupannya sendiri. Ia diberi kebebasan oleh sang suami untuk tetap berkarier dan berkarya. Namun, sebagai seorang istri, Dhea sadar akan tanggung jawabnya terhadap keluarga.

"Karena dia enggak ngelarang-larang, makanya aku menyesuaikan jadwal aku dengan dia. Kalau dia libur, ya aku libur juga. Kami liburan bareng," tuturnya.

Di sisi lain, ia merasa pemikiran maju Kartini tentang persamaan hak antara perempuan dan lelaki pada zamannya sangatlah luar biasa. Karena itu, Kartini merupakan salah seorang tokoh penting untuk perempuan Indonesia.

"Dia bukan cuma ikon tapi juga sebagai penyemangat. Jadi hari Kartini harus dirayakan karena perempuan adalah bibit yang kan melahirkan penerus bangsa. Perempuan yang cerdas akan melahirkan anak yang cerdas," ucap Dhea.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com