Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelajahan Magelhaens Mencari Rempah-rempah di Maluku Akan Difilmkan

Kompas.com - 15/06/2016, 16:31 WIB
Yamin Abdul Hasan

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Kru film asal Spanyol, Alberto Martinez Flechoso dan Juan Carlos Rey Salgado, memilih Maluku dan Maluku Utara sebagai lokasi shooting film dokumenter The Odyssey of Spices. Rencananya akan ada dua lokasi shooting di Maluku Utara, yaitu Ternate dan Tidore.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Ternate Anas Conoras mengatakan, film yang dirintis TV Spanyol ini akan menceritakan sejarah kehadiran pertama bangsa Spanyol dan Portugis oleh penjelajah Fernando de Magelhaens dan Juan Sebastian Elcano di Kepulauan Maluku pada abad 16 dalam pencarian rempah-rempah.

Ternate dan Tidore terpilih karena dianggap memiliki simpul perjalanan Fernando de Magelhaens dalam mencari rempah-rempah.

"Kru ada tiga orang, termasuk seorang produser serta ahli sejarah," kata Anas.

Di Ternate sendiri ada beberapa titik yang akan dijadikan lokasi shooting, salah satunya benteng Oranje serta beberapa benteng lainnya yang memiliki keterkaitan dalam rangka 500 tahun perjalanan Fernando de Magelhaens.

Pemerintah Kota Ternate melalui Walikota Burhan Abdurahman sangat menyambut baik dan mendukung sepenuhnya, dengan harapan film ini nantinya dapat berdampak bagi kunjungan wisata ke Ternate.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com