Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reza Rahadian Kecewa Film "Rudy Habibie" Dibajak

Kompas.com - 05/07/2016, 09:23 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Adegan-adegan penting film Rudy Habibie tersebar secara ilegal di media sosial. Hal itu membuat sang pemeran utama, Reza Rahadian kecewa.

"Yah kecewa aja sih sebenarnya. Sebenarnya ini jadi peringatan buat kita semua, karena bukan film Rudy Habibie saja yang mengalami pembajakan," kata Reza saat ditemui di dikusi Pembajakan Film Indonesia di MD Building, Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin (4/7/2016).

Menurut Reza, penyebaran secara digital  semakin membuat pembajakan tak terkendali.

"Apalagi sekarang medium sudah beda, dulu mungkin kita lihat VCD bajakan sudah susah sekali dikontrol," jelasnya.

"Sekarang ada medium lebih mudah, digital, semua tinggal rekam, semuat orang tinggal streaming, cepat sekali. Saya rasa ini harus jadi concern semua stakeholder terutama dari dunia film," imbuh Reza.

Kekecewaan yang sama juga dirasakan sutradara Hanung Bramantyo. Ia berpendapat pembajakan akan benar-benar mematikan industri film Indonesia.

"Pembajakan itu memang merasakan sekali, mebuat industri kita mati benar-benar, masih orang ingin menonton secara gratis, masih banyak ternyata," ujar Hanung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com