Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bian Gindas Padukan Musik Melayu, Dangdut, hingga Pantun

Kompas.com - 28/07/2016, 23:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kata orang, musik melayu sedikit mirip dengan dangdut. Namun, walau selintas terkesan mirip, tetap saja musik melayu dan dangdut adalah dua genre yang berbeda.

Lantas, bagaimana jika kedua genre tersebut digabungkan?

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com dari Pelangi Records, Kamis (28/7/2016), Bian Gindas akan mencoba menjawab pertanyaan itu dalam single ketiga mereka yang berjudul "Jawara Cinta".

Dalam single ketiga ini, grup band yang beranggota Bian (vokal), Ardhi Winata (gitar), Ajie Hangesti (bas), dan Safir (drum), mencoba menyuguhkan sesuatu yang lebih segar dan berwarna dengan memasukan irama dangdut dalam lagu mereka.

"Dari dua single sebelumnya kan belum ada yang dangdut. Alasannya, biar lebih menghibur. Konsep melayu kami juga enggak jauh dari dangdut. Dan Secara lagu juga cocok di-dangdutin," ujar Bian.

Secara konsep, lagu "Jawara Cinta" memang tidak berbeda jauh dengan lagu-lagu Bian Gindas sebelumnya. Masih bertemakan cinta, dibalut musik melayu, dan dilengkapi cengkok vokal Bian yang khas. Namun, dengan penambahan unsur dangdut membuat lagu ini sedikit istimewa.

"Jawara Cinta" sendiri menceritakan tentang ungkapan cinta seseorang kepada pasangannya. Di mana sang pria berjanji akan menjaga cintanya apabila sang kekasih menerima cinta dan akan menjadi jawara cinta bagi kekasihnya.

"Secara aransemen pun masih tetap mencirikan musik Bian Gindas. Dengan konsep melayu, unsur keroncong, dan penambahan dangdut serta sequencer menambahkan warna khusus untuk lagu 'Jawara Cinta'. Masih Bian Gindas banget lah pokoknya," kata Bian sambil tertawa.

Tak hanya itu, penyegaran juga terjadi pada reffrain lagu ini. Kali ini Bian mencoba sesuatu yang ekstrem dengan memasukan sedikit unsur pantun.

"Bian Gindas pasti selalu mempunyai ciri khas khusus pada setiap lagunya. Terutama dari lirik-liriknya. Khusus di lagu 'Jawara Cinta' ini, ada unsur pantun pada bagian reff. Yang menjadikan lagu ini lebih manis dan berirama," ucap Bian dengan bangga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com