Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viky Sianipar Bawa Musik Batak "Go International"

Kompas.com - 12/08/2016, 19:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Viky Sianipar dan kawan-kawan akan berangkat ke Eropa pada 18-29 Agustus 2016. Keberangkatan musisi dan arranger kebanggaan masyarakat Batak ini atas undangan Stadtmusik Landeck-Perjen yang berkedudukan di Kota Landeck, Tirol, Austria. 

Viky Sianipar and Friends akan tampil sepanggung dengan musisi setempat dalam sebuah konser megah di lapangan terbuka, dan akan disaksikan lebih kurang 1.000 orang.

Hampir satu tahun Viky mempersiapkan konser ini. Dan kini saatnya ia dan kawan-kawan menunjukkan dahsyatnya musik Batak kepada dunia.

Viky dan kawan-kawan tak hanya membawakan lagu-lagu Batak yang dibalut dengan gaya Barat. Tetapi, mereka juga akan menyajikan komposisi musik Barat bernuansa etnis Batak.

Mereka juga akan melawat ke-5 negara di daratan Eropa Timur dan rencananya akan merilis album (not for sale) TobaWorld dalam jumlah terbatas.

Komposisi musik TobaWorld berbeda dengan TobaDream. Kalau TobaDream musik tradisionalnya cuma 20 persen, selebihnya adalah musik Barat (modern). Sementara Toba World sentuhan etniknya 80 persen, modernnya 20 persen. 

Dalam project Toba World ini, Viky akan bereksperimen mengaransemen ulang lagu-lagu Barat popular milik penyanyi Internasional seperti, Sting, Coldplay, hingga Katy Perry dalam genre world music. Lagu-lagu tersebut akan dibubuhi alat musik khas Batak seperti Taganing dan Serunai (seruling).

Sebagai ajang pemanasan menuju Eropa tersebut, TobaDream Café mempersembahkan program musik "TobaWorld, Menuju Eropa" pada Jumat (12/8/2016) pukul 21.00 WIB hingga selesai.

Viky Sianipar akan menyuguhkan sejumlah repertoar andalan yang diyakini mampu memberi warna dan nilai tambah tersendiri dalam industri musik Internasional.

Live streaming "TobaWorld, Menuju Eropa" dapat diikuti di www.tobadream.tv 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com