Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSM UI Paragita Ajak Penonton Nikmati "Ular Naga"

Kompas.com - 25/08/2016, 15:07 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Paduan Suara Mahasiswa Universitas Indonesia (PSM UI) Paragita menjadi penampil terakhir pada hari pertama Parade Paduan Suara: Ode Bulan Agustus #2 di Bentara Budaya Jakarta (BBJ), Jalan Palmerah Selatan, Rabu (24/8/2016) malam.

Membawakan beberapa lagu daerah dan lagu dolanan atau permainan anak-anak secara medley, para personel PSM UI Paragita mendapat sambutan hangat dari puluhan penonton yang hadir.

Lagu-lagu itu, antara lain, "Cublak-cublak Suweng", "Ular Naga" "Injit-injit Semut", "Ampar Ampar Pisang", dan "Putih-putih Melati".

Selain menyuguhkan harmoni dari pembagian vokal yang apik dengan atahan konduktor dan iringan permainan piano, paduan suara itu juga memperagakan gerak tubuh dan formasi yang diadaptasi dari permainan anak-anak.

Misalnya, ketika mendendangkan "Ular Naga" dan "Putih-putih Melati", mereka bagai sedang bermain Ular Naga.

Sebagian dari membentuk "terowongan" dan sebagian lagi membentuk "ular naga". "Ular naga" bergerak berkeliling melalui "terowongan". 

Mereka melakukannya sambil menyanyi. 

Konduktor paduan suara itu juga mengajak para penonton memperagakan permainan "Injit-injit Semut", sebagaimana rekan-rekannya yang menyanyikan lagu tersebut.

Sorak dan tepuk tangan meriah sontak memenuhi area pementasan itu.

Kendati mereka bernyanyi sambil bergerak dan bergoyang, harmonisasi suara mereka tak terganggu dan tetap stabil memperdengarkan medley tersebut.

PSM UI Paragita, yang pernah menyabet gelar juara kedua dan ketiga dalam 62nd Guido d'Arezzo International Poliphonic Choral Competition di Italia, juga membawakan "Si Patokaan" dan "Sahut Namaku".

Parade Paduan Suara: Ode Bulan Agustus sudah diawali di Bentara Budaya Bali pada 21 Agustus 2016.

Lima paduan suara ditampilkan ketika itu.

Setelah di Jakarta, parade itu akan diadakan di Balai Soedjatmoko, Solo, pada 30 Agustus 2016, dan Bentara Budaya Yogyakarta pada 31 Agustus 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com