Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Christian Sugiono di Antara Dunia Artis dan Wirausaha

Kompas.com - 08/09/2016, 15:33 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Tidak mudah bagi artis peran Christian Sugiono atau Tian untuk menjalani dua profesi sekaligus. Selain menjadi seorang pekerja hiburan, Tian kini merambah bisnis di industri internet.

Ia pun menceritakan pengalamannya ketika menghadiri sebuah acara di Hotel Veranda, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu (8/9/2016).

"Kadang saya juga tanya ke diri sendiri, 'Saya ini apa?'. Karena saya hobi dan kesukaan banyak," kata ayah Arjuna Zayan Sugiono tersebut.

"Ketika jadi orangtua, kita harus menentukan mau jadi apa? Akhirnya sembari berjalannya waktu, saya lebih melihat diri sebagai entrepreneur walaupun saya juga tidak meninggalkan dunia hiburan," lanjut Tian.

Tian belakangan ini dikenal sebagai pebisnis yang membuka biro jodoh di internet dan mengelola sebuah situs web berisi konten humor dan video. Bagi suami artis peran Titi Kamal tersebut, butuh perjuangan untuk merintis usahanya.

Pelan-pelan Tian mulai mengelaborasi dua profesinya agar tetap berjalan beriringan. Sebab, kata Tian, keduanya merupakan pekerjaan yang disenanginya.

"Tapi dari hati dan passion, saya adalah seorang yang selalu membuat sesuatu atau kreator, dan saya mendapatkan itu ketika jadi seorang enterpreneur," katanya.

"Saya bilang itu wadah diri. Kalau akting saya merepresentasikan dari skenario dan sutradara, itu bukan diri sendiri. Tapi ketika jadi pengusaha, saya bisa ekspresikan diri dari media tersebut melalui tulisan dan karya," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com