Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lika-liku Lintang Gitomartoyo Mereparasi 38 Rol Film "Tiga Dara"

Kompas.com - 24/09/2016, 07:00 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama dua bulan, Lintang Gitomartoyo melakukan perbaikan (reparasi) terhadap gulungan pita-pita film musikal klasik Tiga Dara (1957) di laboratorium L'Immagine Ritrovata, Bologna, Italia pada 2015 lalu.

Ini tentu bukan pekerjaan yang mudah. Selain karena masih hijau dalam dunia restorasi ketika itu, Lintang juga diberikan tanggung jawab untuk mereparasi 38 rol film Tiga Dara dengan panjang masing-masing 100 meter seorang diri.

"Saya di sana ditugaskan mereparasi fisik seluloid Tiga Dara yang 38 reel tadi itu. Untuk yang reparasi fisik di Bologna ini saya sendiri," kata dalam wawancara khusus dengan Kompas.com di Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail (PPHUI), Jakarta Selatan, akhir Agustus lalu.

Pada proses reparasi ini, Lintang memulai pekerjaannya dengan melakukan inspeksi kondisi setiap gulungan pita. Dimulai dari mencatat keterangan film, mendata jenis seluloid, tahun pembuatannya, sutradara, editor, dan lainnya.

Selanjutnya, ia akan...

Penasaran dengan kelanjutan artikel ini? Jangan lupa ikuti Visual Interaktif Kompas.com (VIK) "Napas Baru Film Doeloe".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com