Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rio Dewanto Perankan Dua Tokoh Pahlawan Sekaligus dalam Satu Pertunjukan

Kompas.com - 04/10/2016, 21:17 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Rio Dewanto akan berperan sebagai pahlawan Indonesia dalam drama musikal bertajuk Khatulistiwa. Tak hanya satu, tetapi dua tokoh pejuang kemerdekaan sekaligus yang bakal dilakoninya.

Drama musikal itu sendiri bakal dipentaskan di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, pada 18-20 November 2016.

"Pertama, karakter Sisingamangaraja dari Sumatera Utara. Kedua, Ki Hajar Dewantara dari Jawa Tengah," kata Rio usai konferensi pers drama musikal tersebut di La Moda, Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (4/10/2016).

"Jadi ada yang dari sisi perang secara fisik, kemudian ada perang secara edukasi atau pendidikan, Ki Hajar Dewantara kan," tambahnya.

Suami artis peran Astiqah Hasiholan ini mengungkapkan, sebenarnya bukan cuma dia yang mendapat dua peran, melainkan ada pelakon lainnya yang bahkan harus memerankan tiga hingga empat tokoh.

"Jadi memang porsi kesulitan tiap karakter yang dimainkan berbeda-beda. Latihan hampir tiga bulan dari bulan Juni lalu. Sampai sekarang masih latihan," kata Rio.

Beberapa pesohor dunia hiburan lainnya juga ikut terlibat dalam drama musikal ini. Ada Sita Nursanti, Tika Bravani, Kelly Tandiono, Epy Kusnandar dan lainnya.

"Buat saya, terlibat dalam drama musikal ini satu pencapaian dan satu kebanggaan cukup besar bisa bergabung di sini," ujar Rio sambil tersenyum.

Disutradarai oleh Adjie NA, Khatulistiwa bercerita tentang kisah patriot bangsa dari berbagai daerah dalam kurun waktu era VOC hingga kemerdekaan.

Masing-masing kisahnya akan didukung dengan desain kostum serta musik khas Nusantara. Setidaknya akan ada 50 lagu Indonesia dan serangkaian tarian yang bakal disuguhkan dalam pentas teater tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com