Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Tahun Menghilang, "Barakati" Siap Tayang pada Hari Pahlawan

Kompas.com - 05/11/2016, 08:00 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua tahun berlalu sejak merilis teaser trailer pada 2014 lalu, film petualangan aksi Barakati akhirnya mendapatkan jadwal penayangan di jaringan bioskop.

"Film Barakati direncakan akan tayang di bioskop seluruh Indonesia pada 10 November 2016," demikian siaran pers Pamondo Films, Jumat (4/11/2016).

Barakati yang mengangkat kisah tentang jejak kerajaan Majapahit di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara, semula diagendakan rilis pada Mei 2014 lalu. Namun, baru tahun ini karya sutradara Monty Tiwa tersebut berkesempatan tayang, yakni tepat pada 10 November nanti.

Sederet artis peran ternama Indonesia terlibat dalam film ini. Di antaranya, Fedi Nuril, Acha Septriasa, Dwi Sasono, Tio Pakusadewo, Ninik L Karim, Ratna Riantiarno, dan Mario Irwinsyah.

"Barakati dalam bahasa daerah Buton artinya 'yang diberkati'. Di samping pengambilan gambar di Kabupaten Buton dan Kodya Bau Bau, pengambilan gambar juga dilakukan di Yogyakarta," sambung Pamondo Films dalam keterangan tertulisnya.

Barakati menceritakan tentang arkeolog muda, Abdul Manan (Fedi Nuril), yang diminta untuk menerjemahkan beberapa kalimat dalam lontar abad ke-14 dari seorang jurnalis asal Inggris.

Rupanya kalimat itu adalah penggalan catatan Gajah Mada tentang ramalan Ratu Adil. Bersama rekan-rekannya, Abdul pun bertualang memecahkan misteri hari-hari terakhir Gajah Mada dan keberadaannya bersama prajurit Majapahit di tanah Sulawesi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com