Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Tahun Mati Suri, Goliath Lahir Kembali

Kompas.com - 22/11/2016, 16:21 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah tiga tahun vakum, grup Goliath lahir kembali. Band yang dikenal lewat lagu "Tinggal Seribu" ini datang dengan single terbaru berjudul "Baper".

"Kami lagi promo single terbaru dari Goliath judulnya 'Baper'. Kami vakum hampir tiga tahun baru rilis lagi sekarang," kata vokalis Goliath, Ary, dalama wawancara khusus dengan Kompas.com di kawasan Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Senin (21/11/2016).

"Single "Baper" ini khusus dirilis buat untuk eksistensinya Goliath untuk kembali lagi ke belantika musik Indonesia sih sebenernya," timpal Gie, sang penggebuk drum.

Bukan hanya lagu baru, band asal Pelabuhan Ratu, Jawa Barat, itu juga mengusung genre musik yang berbeda. Jika dulu Goliath identik dengan musik pop-melayu, kini mereka bermain dalam area urban pop.

"Benang merahnya masih Goliath. Cuma ya ada urban-urbannya lah. Ada sampling-nya, ada notasi jazz-nya dikit. Rhythm session, kalau band kan identik sama akustik drum, di sini akustik drum-nya kami tekan. Kami naikin looping-nya," ucap Ary.

Sebenarnya, lagu "Baper" ini sudah mereka kerjakan setahun lalu. Namun, band yang dinaungi label Falcon Music ini baru menemukan waktu yang tepat pada awal November 2016.

"Proses cari lagunya sekitar tiga sampai empat bulan nemu yang cocok. Dicari yang ibaratnya mengikuti perkembangan musik sekarang. Akhirnya ada Ammir (pencipta lagu Ammir Gita Pradana) ngasih single judulnya 'Baper'. Nyeleneh-nyelenehnya sih, masuk nih. Akhirnya label setuju, kami juga oke," kata Ary.

Lalu apa yang membuat mereka tertarik hingga memutuskan "Baper" sebagai penanda kelahiran kembali Goliath?

"Kenapa milih 'Baper'? Karena sesuatu yang unik, ini jadi bahasa sehari-hari orang-orang. Apalagi di kalangan ABG (anak baru gede) kenal banget yang namanya baper (bawa perasaan). Lirik lagunya unik banget. Jadi kami merasa sesuatu yang unik. Kekinian," ujar keybordis Goliath, Ady, menjelaskan.

"Kalau kami dikasih lirik serius itu bukan Goliath. Cocokin aja, dulu kan Goliath lagunya 'Cinta Monyet', 'Tinggal Seribu'. Judulnya aneh-aneh, masih masuklah 'Baper'. Istilah anak zaman sekarang," tambahnya.

Goliath dibentuk pada 2009 lalu dengan formasi awal enam personel dan langsung merilis album perdana. Empat tahun kemudian tepat 2013, Goliath yang memiliki 21 single mengeluarkan album keduanya berjudul TBA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com