Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuh Tahun Tinggal di Malaysia, Apa Kabar Iszur Muchtar?

Kompas.com - 05/01/2017, 09:54 WIB

KOMPAS.com — Lama tidak terdengar di pentas hiburan di Tanah Air, komedian Iszur Muchtar (50) ternyata hijrah ke Malaysia untuk mendukung istrinya, Niekla Survia Andiesta, menempuh pendidikan S-3 di negeri jiran tersebut.

"Kalau tinggal di Kuala Lumpur mulai 2011. Di Malaysia mulai 2009. Dari 2009 kami sekeluarga dari Bandung pindah ke Kedah di Sungai Petani karena istri saya diterima jadi dosen di sebuah universitas di sana," kata Iszur saat memandu acara HUT Dharma Wanita Persatuan di KBRI Kuala Lumpur, Rabu (4/1/2017).

Dua tahun tinggal di Kedah, Iszur dan keluarga pindah ke Kuala Lumpur setelah anak-anaknya memasuki bangku kuliah.

"Karena banyak pilihan universitas, (tahun) 2011 istri mencoba melamar di IMU (International Medical University). Alhamdulillah diterima sampai sekarang. Anak-anak juga kuliah di sini sekarang," kata pendiri P Project tersebut.

Pria kelahiran 22 Maret ini mengakui aktivitasnya di dunia hiburan mulai berkurang sejak  pindah ke Malaysia.

"Mau enggak mau berkurang. Pertama-tama satu tahun full saya ndak ke mana-mana di Malaysia. Lama-lama juga bosan. Enggak ada kerjaan," tutur Iszur.

"Akhirnya tahun kedua coba nyambi. Kebetulan dapat tawaran striping setiap hari, akhirnya empat sampai lima bulan tidak pulang. 'Bang Thoyib' dicari anak-istri. Akhirnya istri bilang enggak kuat kalau begitu," katanya.

Ketika ditanya mengapa tidak serius mencoba dunia hiburan di Malaysia, dia mengatakan ada perbedaan antara dunia hiburan di Malaysia dengan Indonesia.

"Pertama, saya belum dapat link, yang kedua budayanya beda. Seleranya beda. Kalau di Indonesia siklusnya tiap hari atau cuma sehari shooting, di sini kan enggak bisa. Cara kerjanya beda. Seleranya agak beda. Beda dengan nyanyi. Kalau hiburan enggak gampang," katanya.

Kendati demikian, hingga sekarang dia masih menerima tawaran shooting dari Tanah Air.

"Dari Indonesia masih. Saya barusan pulang dari Indonesia. Ambil yang shooting pendek. Satu minggu dua minggu. Kalau yang reguler enggak bisa," katanya.

Untuk rencana 2017 ini, dia dan keluarganya masih di Kuala Lumpur.

"Harus bantu istri S-3 program doktoral. Kalau sekolah enggak ada bantuan moril susah. Sebentar lagi anak-anak beres kuliah. Terserah mereka mau ke mana. Tugas suami mendampingi istri," katanya.

Iszur Muchtar adalah pelawak, pemeran, presenter, dan pencipta lagu Indonesia. Dia dikenal luas lewat P Project melalui album rekaman keluaran Musica Studio tahun 1993.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com