Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyanyi Rap Akon Akan "Terangi" Pedalaman Indonesia

Kompas.com - 08/03/2017, 18:47 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi rap Aliaune Damala Akon Thiam alias Akon, akan membantu memberikan penerangan untuk pemukiman komunitas adat terpencil di Indonesia.

Sebagai informasi, pria asal AS itu membuat program sosial bernama "Akon Lighting Africa" sejak 2013 yang membantu mengalirkan listrik dari rumah ke rumah.

Karena itu, Akon digandeng oleh Kementerian Sosial untuk melakukan hal yang sama di pedalaman Indonesia yang belum terjangkau listrik.

"Senang rasanya karena sekarang kita bisa bekerja bersama menyediakan listrik tak hanya di Afrika, tapi juga orang di luar sana. Untuk di kawasan Asia, Indonesia akan menjadi pilot project," kata Akon dalam konferensi pers sebelum penandatanganan nota kesepahaman atau MoU di gedung Kemensos, Rabu (8/3/2017).

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menimpali, program sosial Akon ini sejalan dengan program percepatan elektrifikasi desa yang tengah digencarkan pemerintah.

Dengan begitu, Kementerian Sosial bersama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi serta Yayasan Dwiyuna Jaya Foundation akan memberikan fasilitas kepada pelantun "Lonely" itu untuk menjalankan program "Akon Lighting" di Indonesia.

Program tersebut meliputi penyediaan instalasi peralatan pembangkit listrik tenaga matahari di tiap rumah dan sosialisasi penghematan energi.

"Listrik yang dihasilkan tidak akan membebani karena mengandalkan cahaya matahari. Tidak perlu membayar setiap bulannya. Alat yang digunakan bisa bertahan hingga 10 tahun lamanya," ucap Khofifah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com