Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandji Pragiwaksono: Perempuan Bisa Buat "Open Mic" Sendiri

Kompas.com - 23/03/2017, 16:25 WIB
Sintia Astarina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bila diperhatikan, acara-acara stand up comedy atau lawak tunggal memang lebih banyak didominasi oleh laki-laki. Mungkin, peserta perempuan bisa dihitung dengan jari. Hal tersebut juga terjadi dalam Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) KompasTV.

Komedian yang juga pembawa acara Pandji Pragiwaksono mengungkap masalah ini dalam pers SUCI 7 "Magical 7" di Wyl's Kitchen Veranda Hotel at Pakubuwono, Jakarta Selatan, Kamis (23/3/2017).

"Alasannya, jarang ada perempuan yang mau ikutan open mic. Open mic adalah acara yang digelar di cafe-cafe, di mana terbuka kesempatan buat stand up," ujar Pandji.

Sayangnya, lanjut dia, kebanyakan cafe mengadakan open mic di malam hari, yakni pukul 20.00 - 24.00 WIB. Ditambah lagi, tak sedikit cafe yang disesaki asap rokok pengunjungnya.

"Itu enggak nyaman buat perempuan. Makanya mereka enggak dateng open mic. Jangankan stand up, open mic aja males," tambahnya.

Padahal, lanjut Pandji, kualitas stand up seseorang sangat ditentukan oleh jam terbang. Karenanya, ia menyarankan agar para perempuan yang membuat open mic sendiri.

"Kerja sama dengan kafe. Let's say, jam 4-6. Pasarnya perempuan semua, gak apa-apa," imbuhnya.

Hal yang tak jauh berbeda juga diungkapkan oleh artis senior Indro "Warkop". Menurut dia, para perempuan tidak seterbuka para lelaki, dalam banyak hal.

"Kalau dilihat stand up comedy, dia punya keresahan yang ingin diungkapin. Mungkin dalam hatinya ada," ujar Indro.

Ia pun berharap ada perempuan yang mumpuni yang bisa memberi warna baru dalam dunia stand up comedy Indonesia.

"Bukan cuma yang lucu. Kalau lucu ke DPR aja. Tapi yang juga punya value karena kita isi," tutupnya.

Tahun ini, dalam SUCI KompasTV musim ke-7, Pandji dan Indro kembali didapuk menjadi juri. Cak Lontong juga akan duduk di kursi juri dan menilai performa pars komika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com