Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bintangi Film Wage, Putri Ayudya Kagumi Sosok WR Supratman

Kompas.com - 25/07/2017, 16:59 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Artis peran Putri Ayudya mengagumi sosok pahlawan nasional WR Supratman.

Putri merupakan salah satu bintang Wage, film biopik tentang pencipta lagu kebangsaan "Indonesia Raya" tersebut. Dalam film itu, ia memerankan Rukiyem, kakak Wage (Wage Rudolf Supratman)

Ditemui Kompas.com di sela shooting Wage di kawasan Kota Lama Semarang, Selasa (25/7/2017), Putri mengaku bangga dipercaya memerankan Rukiyem.

Rukiyem adalah sosok yang mendukung Wage dalam kondisi apapun, hingga ia ia menjadi musisi dan pada akhirnya menciptakan "Indonesia Raya".

“Dukungannya banyak. Rukiyem ini sudah seperti pengganti ibunya yang meninggal. Jadi dia merawat dan membesarkan, diajarkan musik juga,” kata Putri.

Rukiyem menikah dengan seorang Belanda. Bakat Wage bermain musik juga terasah berkat kakak iparnya itu. Pria Belanda itulah yang mengajari langsung Wage bermain musik.

“Jadi suami Rukiyem itu jadi idola Wage. Wage belajar langsung darinya, hingga mahir dan terkenal,” ujarnya.

Putri juga mengagumi Wage yang selain musisi juga seorang satrawan. Apalagi setelah ia membaca buku karya WR Supratman, Perawan Desa.

“Sastranya keren banget. Ternyata Wage bukan hanya musisi, tapi sastrawan juga, penulis juga,” katanya.

Sosok Wage Rudolf Supratman diperankan oleh aktor muda Rendra. Saat ini film Wage masih menjalani pengambilan gambar di Kota Lama Semarang.

Rencananya, pada 28 Oktober atau ketika peringatan Sumpah Pemuda, film biopik tersebut akan ditayangkan di bioskop-bioskop seluruh Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com