Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Igor Saykoji Tak Mau Rusak Tujuan Bermusik dengan Pakai Narkoba

Kompas.com - 11/08/2017, 12:11 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi rap Ignatius Rosoinaya Penyami atau lebih terkenal dengan nama Saykoji (34) berpendapat aliran musik yang dipilihnya rentan narkoba.

Tidak hanya di dalam negeri saja, kata Igor, pemakaian narkoba di kalangan komunitas hiphop luar negeri malah lebih parah.

"Kalau saya sendiri di Indonesia, inner circle, temen-teman saya yang berkumpul, saya enggak kayak gitu," kata Igor saat dijumpai di Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (10/8/2017).

Menurut Igor, perilaku baik ataupun buruk merupakan pilihan pribadi. Ia mengatakan mereka tidak bisa sepenuhnya menyalahkan lingkungan pergaulan.

Ia tidak menyangkal bahwa publik mengasumsikan musik hiphop identik dengan narkoba.

"Karena memang rapper-rapper kalau dari lagu lagunya kan identik dengan penyalahgunaan zat yang itu. Cuma menurut saya, tergantung karakter aja mungkin," kata dia.

Rapper yang memiliki lagu populer berjudul "So What Gitu Loh?" tersebut punya cara agar tak terjerumus obat-obatan terlarang.

"Kalau saya sih ngelihatnya harus tahu purpose-nya, tujuannya. Kenapa saya dikasih kesempatan untuk jadi musisi? Kenapa saya dikasih kesempatan untuk berkarier dan orang perhatikan?" ujarnya.

"Kalau saya tahu purpose-nya buat apa, saya enggak pengin merusak purpose saya dengan jatuh ke arah yang salah. Se-simple itu sih," sambungnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com