Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Nafa Urbach Lindungi Anak dari Pedofil

Kompas.com - 21/08/2017, 18:24 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring

Penulis

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Nafa Urbach berbagi kiat khusus untuk para orangtua agar anak-anak mereka terhindar dari para pedofil.

"Yang pertama harus waspada, terus jangan upload foto-foto (anak) telanjang atau baru mandi," kata Nafa usai audiensi bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) di Jakarta, Senin (21/8/2017).

Nafa mengimbau agar orangtua tidak membiarkan anak sendiri di keramaian, seperti saat berada di pusat perbelanjaan.

"Jangan ditinggal di mall. Kadang kan mikir, 'Ah biar mandiri, biar belajar sendiri, biar berani'. Itu jangan, karena kita enggak tahu bakal terjadi apa aja," ucap ibu satu anak itu.

Pendidikan seks juga dianggap penting oleh Nafa untuk dilakukan sejak dini kepada anak-anak, khususnya perempuan.

Hal ini bertujuan agar anak mengetahui daerah tubuh mana saja yang tidak boleh disentuh oleh orang lain.

"Terus memberikan edukasi seks secara dini kepada anak-anak, di mana bagian tertentu yang tidak boleh disentuh oleh orang lain dan mana yang penting," ujar Nafa.

"Like this is a very personal thing that anyone cannot touch gitu ya mungkin, bahwa itu adalah suatu kejahatan kalau sampai ada orang yang megang dan masukin tangan ke sini (bagian dada)," sambungnya.

Terakhir, Nafa mendorong para orangtua untuk memberikan pengertian dengan jelas kepada anak tentang bahaya pedofilia, meski hal tersebut kerap dianggap tabu.

"Enggak apa-apa jelasin aja, jangan merasa tabu daripada nanti anaknya udah di-'itu' ya kan. Ngomong aja, harus tegas aja, istilahnya kita berusaha memberikan kejelasan pada anak gitu," tutur istri dari Zack Lee itu. "Karena kalau kita cuma pake kiasan, ntar enggak ngerti. Mending ngomong apa adanya," tambahnya. Telah diberitakan Nafa Urbach marah saat tahu ada komentar loli di bawah berita tentang putrinya Mikhaela Lee Jowono. Awalnya, Nafa tak tahu apa arti loli. Ia pun tak ambil pusing saat beberapa orang berkomentar hal yang sama di berita tersebut. Namun saat mencari tahu apa arti Loli di internet, Nafa langsung naik pitam. Kok anak saya dikomentarin Loli bukan cuma satu, tapi banyak, ada yang bilang tunggu gedenya. Kok Loli diciduk, waktu saya searching, loli itu adalah kata-kata yang digunakan oleh pedofilia untuk anak-anak di bawah umur," ujarnya saat menggelar jumpa pers di One Bell Park, Fatmawati, Jakarta Selatan, Senin (14/8/2017) lalu. Iapun telah membuat laporan terkait kasus reraebut ke Polda Metro Jaya hari ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com