Musikalisasi Puisi Tingkatkan Minat Remaja Terhadap Sastra - Kompas.com

Musikalisasi Puisi Tingkatkan Minat Remaja Terhadap Sastra

Kontributor Gorontalo, Rosyid A Azhar
Kompas.com - 05/09/2017, 10:28 WIB
Penampilan peserta festival musikalisasi puisi yang dilalsanakan Kantor Bahasa Gorontalo. Keindahan bunyi dan kata-kata menjadi daya tariknya.KOMPAS.COM/ROSYID AZHAR Penampilan peserta festival musikalisasi puisi yang dilalsanakan Kantor Bahasa Gorontalo. Keindahan bunyi dan kata-kata menjadi daya tariknya.

GORONTALO, KOMPAS.com  -  Festival musikalisasi puisi digelar oleh Kantor Bahasa Gorontalo, Selasa (5/9/2017).

Peserta kegiatan ini adalah pelajar SMA/MA sederajat dari seluruh Provinsi Gorontalo. Mereka beradu kemampuan melagukan puisi dalam iringan musik dalam kelompok kecil.

Musikalisasi puisi merupakan perpaduan  dua unsur keindahan, bunyi dan kata-kata,” kata Sukardi Gau, Kepala Kantor Bahasa Gorontalo.

Perpaduan dua keindahan ini tak henti disuguhkan para siswa dengan beragam alat musik, modern maupun tradisional Gorontalo.

Dalam penampilannya peserta mengenakan busana yang unik, modifikasi baju adat atau hasil kreasi.

Sukardi Gau menambahkan, ragam seni musikalisasi puisi ini terbilang masih baru, tetapi memiliki potensi yang menjanjikan karena adanya 2 unsur keindahan.

Musikalisasi puisi digelar untuk meningkatkan minat remaja terhadap sastra, dan membangkitkan daya cipta dan menumbuhkan cinta pada karya sastra.

“Remaja adalah kelompok terpenting, mereka memiliki  posisi dan peran penting dalam pengemabnagn kebudayaan Indonesia. Di tangan merekalah peradaban Indonesia bergantung,” ungkap Sukadi Gau.

Juri dalam kegiatan ini antara lain Joko Pinurbo, seorang sasrawan penting Indonesia, perwakilan Kantor Bahasa, dan Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga Provinsi Gorontalo.

“Kami menyambut baik festival musikalisasi puisi ini,” kata Sarjan Kase, guru SMAN 3 Kota Gorontalo.

PenulisKontributor Gorontalo, Rosyid A Azhar
EditorKistyarini
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM