Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sutradara Despicable Me Akan Hadiri Ubud Writers & Readers Festival

Kompas.com - 25/09/2017, 12:20 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ubud Writers & Readers Festival (UWRF), salah satu acara kelar dunia yang paling dinanti oleh para pecinta sastra dan seni, akan hadir lagi Taman Baca, Indus Restaurant, dan NEKA Museum, pada 25 - 29 Oktober 2017.

Mengusung tema Origins atau Asal Muasal, UWRF ke-14 nanti terasa lebih istimewa dengan kehadiran sang sutradara, animator, sekaligus pengisi suara seri film animasi Despicable Me dan Minions, Pierre Coffin.

"Pria keturunan Indonesia-Perancis ini akan tampil di salah satu Main Program pada tanggal 29 Oktober untuk membawa kita ke balik layar karirnya di industri perfilman dunia," demikian yang tercantum dalam keterangan tertulis dari penyelenggara UWRF 2017 yang diterima Kompas.com, Senin (25/9/2017).

Ibunda Coffin yang juga penulis kenamaan Tanah Air, NH Dini, akan hadir pula dalam UWRF tahun ini.

Perempuan yang disebut-sebut sebagai legenda hidup penulisan feminisme Indonesia itu bersama Leila S Chudori siap berbagi perjalanan hidup serta karir mereka pada 26 Oktober.

Sementara, nama besar dunia sastra Indonesia lainnya yang berjuluk Presiden Penyair Indonesia, Sutardji Calzoum Bachri, hadir pada 27 Oktober. Ia dan Debra Yatim nantinya mengupas sajak-sajaknya.

Lalu, UWRF pun bakal kedatangan penulis dan jurnalis kawakan Indonesia, Seno Gumira Ajidarma bersama penulis asal Irlandia, Paul McVeigh, untuk sesi The Last Taboo?.

Kemudian, ada pula komedian tunggal Sakdiyah Ma’ruf, desainer Niluh Djelantik, penyair Joko Pinurbo.

Sementara itu panel Main Program China’s Women akan menghadirkan penulis terkenal dunia, Jung Chang dan Lijia Zhang, yang akan mendiskusikan kehidupan wanita di tanah Tionghoa.

[Baca juga: Despicable Me 3 Duduk Nyaman di Puncak Box Office AS]

Pada sesi Postcards from the Page mengenai travel writing, akan ada salah satunya yakni Trinity the Naked Traveler.

Sedangkan, di panel diskusi Half a Century of ASEAN, bakal ada beberapa penulis ternama Asia Tenggara, di antaranya Intan Paramadhita dan Leila S. Chudori dari Indonesia, Jhoanna Lynn B. Cruz dari Filipina, Marc Nair dari Singapura, Bernice Chauly dari Malaysia.

[Baca juga: Despicable Me 2 Tak Tergoyahkan]

Total diperkirakan akan hadir 160 lebih tokoh sastra dan seni dari 30 negara di seluruh dunia. Mereka akan berbagi kisah, ide, dan inspirasi dalam 72 sesi-sesi panel diskusi.

Bukan hanya itu, UWRF 2017 juga menyediakan 100 lebih program lainnya, yakni workshop, special event, pemutaran film, panggung musik, pembacaan puisi, program pengembangan karir di Emerging Voices, dan masih banyak lagi.

[Baca juga: Berdarah Indonesia, Sutradara Despicable Me 2 Kangen Nasi Goreng]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com