Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jay-Z Pimpin Perolehan Nominasi Grammy Awards 2018

Kompas.com - 29/11/2017, 21:30 WIB

NEW YORK CITY, KOMPAS.com -- Jay-Z memimpin perolehan nominasi Grammy Awards 2018 pada empat kategori yang didominasi oleh artis-artis rap dan R&B.

Hal itu memberi kesempatan bagi genre musik tersebut untuk memenangi penghargaan Grammy pada 2018.

National Academy of the Recording Arts and Sciences (NARAS), penyelenggara Grammy Awards, pada Selasa siang (28/11/2017) waktu setempat mengumumkan bahwa Jay-Z dinominasikan untuk lima penghargaan; termasuk Album of the Year, Song of the Year, dan Record of the Year.

Bruno Mars dan Kendrick Lamar juga masuk dalam daftar tiga besar peraih nominasi. Mereka diikuti oleh Childish Gambino.

Album pribadi Jay-Z 4:44 dinominasikan untuk Album of the Year bersama album Bruno Mars yang diilhami oleh petualangan R&B 1990-an, 24K Magic, dan album Kendrick Lamar, DAMN.

Proyek soul Gambino, Awaken My Love!, dan album pop Lorde yang banyak dikritik, Melodrama, juga meraih beberapa nominasi.

"Despacito" dinominasikan sebagai Song of the Year bersama lagu milik Bruno Mars, "That's What I Like"; lagu Jay-Z,  "4:44", dan lagu Julie Michaels, "1-800-273-8255", yang disebut-sebut sebagai lagu untuk mencegah bunuh diri.

Michaels juga dinominasikan untuk artis pendatang baru terbaik bersama SZA, Khalid, dan Alessia Cara, serta rapper Lil Uzi Vert.

Tidak ada artis rock atau country yang dinominasikan dalam empat kategori utama.

Nominasi yang utama diraih artis-artis rap dan R&B, termasuk beberapa artis AS keturunan Afrika dan Amerika Latin, terjadi setelah tahun lalu Grammy dikecam keras oleh sebagian kalangan karena memilih album 25 Adele menjadi pemenang daripada  album Beyonce Lemonade.

Adele bahkan menyatakan bahwa Beyonce yang seharusnya menerima penghargaan tertinggi album terbaik itu.

Grammy Awards 2018 akan diadakan pada 28 Januari 2018 di Madison Square Garden, New York City, AS. (em/jm)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com