Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ed Sheeran, Artis Musik Terlaris 2017 versi Spotify

Kompas.com - 06/12/2017, 17:31 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Grammy Awards 2018 tidak memberi nominasi dalam kategori-kategori utama kepada penyanyi dan pencipta lagu Ed Sheeran.

Namun, menurut Spotify, Sheeran merupakan artis musik yang lagu-lagunya paling banyak didengarkan secara online (streaming) pada 2017.

Layanan streaming tersebut mengumumkan pada Selasa (5/12/2017) bahwa Sheeran berada di puncak daftar streaming Spotify untuk 2017 dengan 6,3 miliar streaming.

Baca juga: 2 Hari Dirilis, Album Divide Ed Sheeran Ditonton 1 Miliar Kali

Dia juga memiliki album terbesar Spotify tahun ini, Divide, yang didengarkan oleh para penggemarnya sebanyak 3,1 miliar kali.

Lagu Sheeran yang mencetak streaming paling banyak adalah "Shape of You" dengan 1,4 miliar streaming.

Baca juga: 16 dari 20 Lagu Ed Sheeran Kuasai Tangga Lagu di Inggris

Ed Sheeran menerima dua nominasi Grammy Awards minggu lalu, tetapi tidak masuk kategori-kategori utama, termasuk album, lagu, dan rekaman terbaik tahun ini.

Tidak ada penyanyi perempuan yang masuk dalam daftar lima teratas streaming tahun ini: Sheeran diikuti oleh Drake, The Weeknd, Kendrick Lamar, dan The Chainsmokers.

Baca juga: Drake Lengserkan Ed Sheeran dari Puncak Billboard 200

Rihanna merupakan penyanyi perempuan yang lagunya paling banyak didengarkan secara online tahun ini, diikuti oleh Taylor Swift, dan Selena Gomez.

Remix "Despacito", yang dibawakan Luis Fonsi dan Daddy Yankee, dengan penyanyi tamu Justin Bieber, merupakan lagu terlaris kedua tahun ini.

Versi asli dari lagu itu berada di peringkat ketiga.

Baca juga: Thinking Out Loud, Lagu Wajib Ed Sheeran

Lagu Drake "More Life", yang tidak dia serahkan untuk dipertimbangkan dalam nominasi Grammy Awards 2018, merupakan album terpopuler kedua tahun ini.

Lagu Lamar "DAMN", lagu The Weeknd "Starboy", dan lagu Post Malone "Stoney" melengkapi daftar lima teratas.

Spotify mengatakan bahwa streaming lagu-lagu hip-hop meningkat sebesar 74 persen pada tahun lalu, sementara musik Latin melonjak 110 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com