Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arnold Schwarzenegger Kabarkan Kondisi Kesehatannya lewat Video

Kompas.com - 13/04/2018, 17:33 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

Sumber People


KOMPAS.com - Aktor kenamaan Hollywood, Arnold Schwarzenegger (70), telah kembali. Namun, saat ini dia masih harus menjalani proses pemulihan.

Pada Kamis (12/4/2018) waktu setempat, bintang Terminator itu mengunggah video melalui Twitter yang berisi ungkapan terima kasihnya kepada penggemar atas dukungan mereka selama dia menjalani operasi jantung terbuka pada akhir Maret lalu.

"Terima kasih banyak atas semua harapan kalian dan semua kartu dan panggilan telepon dan email dan teks dan semua hal yang saya dapatkan dari seluruh dunia. Aku sangat menghargai itu," kata Schwarzenegger yang terlihat sehat.

"Saya hanya ingin kalian tahu bahwa saya merasa jauh lebih baik. Saya tidak bisa mengatakan, bahkan dengan sikap positif saya, bahwa saya sehat, karena saya belum betul-betul sehat. Sehat berada pada tingkat yang sama sekali berbeda. Tapi saya baik, saya baik-baik saja. Saya mendapatkan perawatan yang baik, dokter yang baik, perawat yang baik, semuanya fantastis," sambungnya.

Schwarzenegger yang menyampaikan pesan dari balik papan catur menjelaskan bahwa dia memainkan permainan catur untuk sedikit menyegarkan pikiran dan memorinya. Dia juga berjanji akan mengabari para penggemarnya saat dia berangsur pulih.

Baca juga : Idolakan Arnold Schwarzenegger, 2 Bersaudara Ini Pakai Steroid Kuda

Sehari setelah operasi, perwakilannya Daniel Ketchell, merilis pernyataan yang menjelaskan prosedur pemulihan sang mantan gubernur.

"Kemarin, Schwarzenegger menjalani prosedur di Cedars-Sinai untuk menggantikan katup pulmonal yang semula diganti karena cacat jantung bawaan pada 1997," katanya.

Katup pengganti yang dipasang hampir 20 tahun lalu itu tidak permanen, sehingga Schwarzenegger memilih untuk menggantinya.

Ketika komplikasi muncul selama prosedur, dokter yang siaga dapat masuk dan melakukan operasi jantung terbuka.

Baca juga : Arnold Schwarzenegger: Sylvester Stallone, Kau Tetap yang Terbaik

"Katup pulmonik Schwarzeneggers berhasil diganti dan dia saat ini sedang memulihkan diri dari operasi dan dalam kondisi stabil. Terima kasih kepada seluruh tim medis untuk upaya tak kenal lelah," kata Ketchell.

Schwarzeneggers kali pertama mengabarkan tentang kondisinya setelah operasi ke media sosial pada 2 April.

"Itu benar: saya kembali! Saya pergi tidur dan berharap untuk bangun dengan sayatan kecil dan bangun dengan yang besar. Tapi coba tebak? Saya bangun, dan itu sesuatu yang patut disyukuri," tulisnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber People
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com