Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

40 Tahun Berkarya, Chaseiro Gelar Konser "Dunia di Batas Senja"

Kompas.com - 06/05/2018, 13:56 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memperingati ulang tahun ke-40 yang jatuh pada 6 Mei 2018, kelompok musik era 70-an Chaseiro akan menggelar konser "Dunia di Batas Senja 40 Tahun CHASEIRO, 90 Tahun Sumpah Pemuda"

Rangkaian konser tersebut akan digelar dua kali, yakni pada Minggu (6/5/2018) dan 28 Oktober 2018, bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Konser pertama Chaseiro  akan ditayangkan secara langsung dari Auditorium TVRI lewat program “Memori Melodi: Edisi Spesial”, Minggu malam ini.

Band Chaseiro beranggotakan Candra Darusman, Aswin Sastrowardoyo, Edwin Hudioro, Irwan Indrakesuma, Rizali Indrakesuma dan Omen Norman Sonisontani.

“Selain mensyukuri usia Chaseiro yang ke-40, kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada para juri Festival Vokal Group Radio Amigos 1978," kata Candra dalam pernyataan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (6/5/2018).

Tanggal 6 Mei 1978 merupakan hari bersejarah bagi Candra dan kawan-kawan karena pada hari itu Chaseiro dinobatkan sebagai pemenang Festival Vocal Group Radio Amigos Jakarta. 

Dari situlah tanggal tersebut dijadikan sebagai hari lahir Chaseiro meskipun mereka sudah cukup lama menyanyi dan tampil bersama.

Candra menambahkan juri-juri festival tersebut adalah Jopie Item, Marusya Nainggolan, Ajie Bandi, Yohanes Purba dan Billy Aktuil.

Menurut Candra, banyak pihak yang berperan penting dalam kiprah Chaseiro di dunia musik Indonesia. Ada pengamat musik Bens Leo dan musisi Benny Mustafa yang memperkenalkan kelompok mereka ke label musik untuk merekam album perdana mereka, Pemuda (1978)

"Sejak itulah kami akhirnya mulai memasuki belantika dunia musik. Hal ini penting mengingat sulitnya birokrasi dan produksi musik pada saat 1970-an.” ujar Candra.

Konser tersebut juga akan dimeriahkan Glenn Fredly, Andien, Elfa’s Singers feat. Gabriel Harvianto, Otti Jamalus Trio, Tohpati, AS Mates, Iwang Gumiwang, dan diiringi oleh Rishanda and The Rising.

Masih dalam rangkaian perayaan hari jadi ke-40, Chaseiro juga berencana menggelar proyek Chaseiro Reborn.

Proyek tersebut akan dibuka untuk musisi-musisi muda dan dilatih langsung oleh Chaseiro secara intensif mulai Juni hingga Oktober. Musisi-musisi muda itu akan ditampilkan pada konser 28 Oktober 2918 . mendatang

Lewat proyek inilah Chaseiro membawa pesan ‘The Voice of Unity’ untuk menjaga dan meneruskan karya Chaseiro hingga masa-masa mendatang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com