Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dewi Sandra: Berani Melecehkan Berarti Ada yang Salah dengan Orang Itu

Kompas.com - 07/06/2018, 05:29 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran dan penyanyi Dewi Sandra mengatakan pelecehan seksual bisa dialami siapa saja, baik lelaki maupun perempuan. Namun kaum hawa lebih sering menjadi korban.

"Tapi mungkin kasusnya lebih banyak terjadi pada perempuan dan rasa malunya lebih besar di perempuan," kata Dewi pada peluncuran klip video Cahaya Dalam Sunyi di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (6/6/2018).

Oleh karena itu, bintang film Ayat-Ayat Cinta 2 mendukung penuh para korban untuk berani bersuara saat mengalami pelecehan.

"Saya setuju dan mendukung gerakan speak up karena ini hak asasi manusia, dan di mana saat kita merasa terdzalimi kita harus berani menyuarakan," ucap Dewi.

Dewi menambahkah, korban pelecehan seksual harus berani menyatakan bahwa tidak seorang pun pantas mengalami pelecehan seksual.

Menurut Dewi, tindakan pelecehan adalah penyakit hati manusia yang harus dibenahi, untuk itu, para korban harus berani bersuara.

"Melecehkan itu penyakit hati dan benar-benar harus diperbaiki. Kalau berani melecehkan berarti ada yang salah di diri orang itu," ucap Dewi.

"Dan saya rasa kita udah di zaman, di mana yang benar pasti dibela. Jadi kalau kita benar tapi diam gimana mau dibela," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, penyanyi dangdut Via Vallen mengalami pelecehan seksual dari seorang pria yang disebut-sebut merupakan pemain sepak bola terkenal.

Via kemudian mengungkap pengalamannya itu melalui media sosial. Ia mengunggah foto screenshot pesan yang dikirim lelaki itu melalui direct message Instagram.

Baca juga: Via Vallen: Memang Saya Perempuan Apaan?

Tindakannya itu mendapat tanggapan beragam. Ada yang menudingnya lebay karena "melapor" ke media sosial bukan ke polisi.

Namun banyak yang mendukung tindakannya, di antaranya Hannah Al Rashid, Arie Kriting, dan Ernest Prakasa.

Selain mendukung Via Vallen, mereka menyayangkan sikap orang yang justru menyalahkan pelantun "Sayang" tersebut.

Baca juga: Shock, Via Vallen Unggah Screenshot Chat Pelecehan Seksual

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com