Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enda Ungu Kenang Pangeran Diponegoro

Kompas.com - 18/08/2018, 09:58 WIB
Andika Aditia,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia menjadi momen untuk kembali mengenang jasa-jasa para pahlawan. Berbagai perjuangannya banyak disebutkan saat pidato upacara dibacakan.

Tak terkecuali dengan gitaris Ungu, Enda, ia juga memiliki sosok pahlawan nasional favorit yang selalu dikenang, yakni Pangeran Diponegoro.

Hal tersebut disampaikan Enda ketika dijumpai dalam jumpa pers di Musica Studio's, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (16/8/2018). Enda melihat Pangeran Diponegoro sebagai sosok pahlawan yang begitu kharismatik.

Baca juga: Ingin Jadi Pemimpin Upacara, Enda Ungu Selalu Jadi Pengerek Bendera

"Bawa keris, naik kuda. Kudanya juga, pernah enggak lihat (patung) kudanya Pangeran Diponegoro lemas? Kuda yang digunakan Pangeran Diponegoro itukan selalu terlihat berdiri dan kuat ya," ucap Enda saat ditemui dalam jumpa pers di Musica Studio's, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (16/8/2018).

Enda menambahkan, Pangeran Diponegoro adalah simbol yang sempurna. Menurut Enda, karakter yang melekat pada Pangeran Diponegoro hampir tak ada yang bisa menyamai.

Bagi Enda, kini tugas terberat terhadap kemerdekaan adalah menghargai sejarah bangsa. Hal itulah yang kini sedang ia tanamkan kepada anak-anaknya.

"Karena naif banget kalau ga paham sejarah bangsa," kata Enda dengan tegas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com