Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Momoko Sakura, Pencipta Manga Chibi Maruko-Chan, Meninggal Dunia

Kompas.com - 28/08/2018, 10:17 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Kistyarini

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pencipta cerita manga dan anime Chibi Maruko-Chan, Momoko Sakura (53), meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker payudara pada 15 Agustus 2018. Ia mengembuskan napas terakhir sekitar pukul 20.29 waktu setempat.

Pada keterangan resmi yang disampaikan melalui laman Sakura Production, Senin (27/8/2018), pemakaman Sakura hanya untuk keluarga dan sahabat.

Seperti dilansir Japan Times, Sakura melakukan debut sebagai seniman manga pada 1984. Pada Agustus 1986 ia menerbitkan manga Chibi Maruko-chan di majalah manga Ribbon.

Komik tentang bocah perempuan bernama Maruko itu langsung dicintai pembacanya. Akhirnya pada 1990, petualangan Maruko dituangkan ke dalam anime seri.

Seperti manganya, anime Chibi Maruko-chan juga mendulang sukses dan diputar sampai saat ini.

Anime itu diputar di banyak negara, termasuk Indonesia, China, Taiwan, Hongkong, dan Vietnam.

Tidak hanya itu, lagu tema animenya, "Odoru Ponpokorin", juga langsung menjadi hit dan terjual hingga 1,73 juta kopi pada 1990.

“Saya merasa sangat sedih atas kematiannya yang begitu cepat. Namun, senyuman cerah Maru-chan dan teman-temannya akan terus bersinar di benak pembaca mulai dari anak-anak hingga orang dewasa," tulis pemimpin redaksi Ribbon, Soichi Aida, dalam sebuah pernyataan yang dipasang di website majalah tersebut.

"Terima kasih banyak untuk Ibu Momoko Sakura," tambahnya.

Sementara pengisi suara Chibi Maruko-chan, Taroko Isono, mengatakan bahwa kepergian Momoko itu terlalu cepat karena ia menganggap masih banyak hal yang ingin dilakukan Momoko.

Sebelum meninggal dunia, Momoko Sakura menulis blog terakhirnya pada 2 Juli lalu tentang kemajuan tim sepak bola nasional Jepang dalam Piala Dunia FIFA di Rusia.

Mengenai seri Chibi Maruko-chan, menurut laporan media lokal, tim produksinya telah menyatakan niat mereka untuk melanjutkan seri manga dan anime tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com