Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berziarah ke Makam Sang Ratu Film Horor Suzzanna di Magelang

Kompas.com - 14/10/2018, 17:25 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Kistyarini

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Artis peran Suzzanna Martha Frederika van Osch dimakamkan dalam satu liang lahat dengan putra sulungnya, Ari Adrianus dan ibundanya Irene Beatrix Van Osch, di TPU Giriloyo, Kota Magelang, Jawa Tengah.

"Ini anak pertama Suzzanna yang meninggal dibunuh. Ini dipindahkan di sini sama Suzzanna," ucap suami mendiang Suzzanna, Clift Sangra, di sebelah pusara Suzzanna, Sabtu (13/10/2018).

Clift Sangra mengatakan mendiang istrinya yang meminta ditempatkan dalam satu liang kubur dengan dua orang tercintanya tersebut.

Ari, yang meninggal pada 1977, merupakan putra Suzzanna dari pernikahannya dengan aktor Dicky Suprapto. Dari pernikahan itu Suzzanna memiliki dua anak, yakni Ari dan Kiki Maria.

Clift menuturkan putra pertama Suzzanna, Ari tadinya dimakamkan di Bogor, Jawa Barat. Namun makam Ari dipindahkan ke Magelang. Suzzanna sekaligus menyiapkan makam untuk diri sendiri.

"Suzzanna sendiri yang minta. Beliau sudah siapkan sendiri makamnya sebelum meninggal. Makanya ini (tulisan di atas makam) tanggalnya dikosongin. Kita sering tulis dengan cat. Tapi setelah dilap, nanti hilang lagi," paparnya.

Suzzanna dilahirkan di Bogor pada 13 Oktober 1942. Perempuan berjuluk Ratu Film Horor Indonesia itu meninggal dunia pada 15 Oktober 2008.

Di TPU Giriloyo, Magelang, malam Suzzanna gampang dikenali dari atap dan tiangnya yang dicat hijau. Nisannya ditutup keramik warna kayu. Sebuah hiasan bergambar bunga melati dipasang di di makam itu.

"Itu sengaja dikasih gambar karena beliau maunya kalau ada yang datang hanya diberi melati saja," ungkap Clift.

Menurut penjaga makam, Parno, banyak orang berziarah ke makam Suzzanna sampai saat ini. Mereka tidak hanya dari sekitar Magelang, tetapi juga dari luar kota. Parno mengatakan ada juga yang berkunjung pada malam hari.

"Memang kalau malam tuh ada yang nyekar gitu. Pakai dupa-dupa itu tapi malam aja datang sengaja gitu ke sini, enggak tahu dari mana gitu. Apalagi malam Jumat itu ada yang tengok pasti," ucap Parno.

Namun, meski kerap dikaitkan dengan hal mistis, warga setempat tetap tak memperlakukan makan Suzzanna dengan spesial.

"Oh enggak, kalau orang sini biasa-biasa saja," ungkap Parno.

Sebelumnya diberitakan, artis peran Luna Maya berziarah ke makam Suzzanna, Sabtu (13/10/2018). Ziarah itu dilakukan menjelang pemutaran perdana film Suzzanna: Bernapas dalam Kubur.

Luna berperan sebagai Suzzanna dalam film yang akan diputar pada 15 November mendatang.

Baca juga: Luna Maya Berziarah Tepat pada Hari Ulang Tahun Suzzanna

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com