Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Fakta Menarik tentang Lagu Bohemian Rhapsody

Kompas.com - 31/10/2018, 19:41 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber NME.com

JAKARTA, KOMPAS.com -- Lagu "Bohemian Rhapsody" milik band rock legendaris dunia, Queen, adalah sebuah rock-opera yang hebat, sekaligus menggelikan.

Sebab, lagunya berdurasi enam menit dengan lirik tentang seorang pemuda yang membunuh seseorang, menjual jiwanya ke Beelzebub, dan ingin tahu apakah Scaramouche dapat melakukan Fandango.

Ditulis 40 tahun yang lalu, lagu itu pernah menduduki puncak tangga lagu Inggris selama sembilan minggu setelah dirilis.

Banyak yang bertanya-tanya apa sebenarnya makna dari "Bohemian Rhapsody", apa yang ingin disampaikan Freddie Mercury sang vokalis Queen lewat lagu itu?

Namun, sebelum menganalisis liriknya atau menonton film biopic Freddie-Queen yang mengambil judul yang sama, ada baiknya menyimak dulu beberapa fakta tentang lagu itu. Berikut daftarnya: 

1. Selama sembilan pekan berturut-turut "Bohemian Rhapsody" bertengger di posisi satu di tangga lagu Inggris pada akhir 1975.

Prestasi itu membuat "Bohemian Rhapsody" menduduki peringkat ketiga lagu yang paling lama bertahan di tangga lagu Inggris.

Mengikuti "Cara Mia" milik David Whitfield (10 minggu, 1954) dan "Rose Marie" milik Slim Whitman (11 minggu, 1955).

Namun, singgasana ketiga itu akhirnya digantikan oleh "Mamma Mia" dari ABBA, sebuah judul yang kebetulan terkandung dalam lirik "Bohemian Rhapsody".

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Freddie Mercury, Sang Pelantun Bohemian Rhapsody

2. Scaramouche adalah karakter badut dari commedia dell'arte. Ia selalu berhasil lolos dari situasi sulit, biasanya dengan mengorbankan orang lain. Nama aslinya adalah Scaramuccia berarti pertempuran kecil.

3. "Bohemian Rhapsody" diperkenalkan ke radio oleh komedian Kenny Everett. Pada awalnya dia merasa lagu itu terlalu panjang, namun pemikirannya lalu berubah: "Lupakan, lagu juga bisa setengah jam, singel itu akan menjadi nomor satu selama berabad-abad!"

4. Freddie Mercury memainkan piano yang sama yang digunakan Paul McCartney untuk lagu "Hey Jude".

Baca juga: Rami Malek Dinilai Layak Masuk Bursa Oscar karena Bohemian Rhapsody

5. Untuk menyelesaikan bagian musik opera dalam lagu itu, dibutuhka waktu lebih dari 70 jam.

6. Freddie menulis seluruh lirik lagu "Bohemian Rhapsody", termasuk harmoni komposit, pada buku telepon dan potongan-potongan kertas, membuatnya orang lain kesulitan.

7. Dibutuhkan 180 kali overdubbing untuk mendapatkan "Bohemian Rhapsody" sampai ke hasil akhir yang epik.

Halaman:
Sumber NME.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com