Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sidang Kasus Pelecehan Seksual Lee Seo Won Dialihkan ke Pengadilan Militer

Kompas.com - 23/11/2018, 17:14 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Kistyarini

Tim Redaksi

Sumber Soompi

KOMPAS.com - Aktor Lee Seo Won sedang menjadi sorotan. Sebab, dia diam-diam memulai wajib militernya menjelang sidang lanjutan kasus dugaan kekerasan seksual dan intimidasi yang menjeratnya.

Alhasil, mantan pembawa acara Music Bank itu pun absen dari persidangan baru-baru ini.

Agensi Seo Won, Blossom Entertainment, kemudian memberi penjelasan berkait itu. Menurut mereka, Lee Seo Won menerima pemberitahuan pendaftaran wajib militer pada 12 November.

Namun karena mengetahui tanggal persidangannya, untuk sidang keempat, dijadwalkan pada 22 November, Seo Won mencoba mendaftar wamil setelah persidangan.

"(Lee Seo Won) telah mengajukan pertanyaan ke Administrasi Tenaga Kerja Militer, tetapi kami menerima keterangan bahwa menurut undang undang saat ini, kehadiran di pengadilan tidak bisa menjadi alasan untuk menunda pendaftaran wajib militer seseorang. Karena itu, Seo Won terdaftar pada 20 November," kata agensi tersebut.

"Dia berencana menghadiri persidangannya melalui pengadilan militer dengan status seorang prajurit," tambah Blossom Entertainment.

Dengan kata lain, persidangan Seo Won dialihkan ke pengadilan militer karena saat ini ia sudah bertatus prajurit.

"Kami diberitahu bahwa Lee Seo Won terdaftar pada 20 November. Dia harus menerima tugas militernya sehingga (kasusnya) dapat ditransfer ke pengadilan militer," demikian pernyataan dari pihak pengadilan setempat.

Kasus tersebut berawal dari Lee Seo Won yang minum-minum bersama Nona A, sesama selebritas yang pernah bekerja dengannya.

Di tengah itu, Seo Won mencoba mencium A dan melakukan kontak fisik dengannya. A menolak dan mencoba menelepon pacarnya untuk meminta bantuan. Namun, Seo Won mengancamnya dengan pisau.

Setelah itu, Seo Won tak memberi tahu agensinya tentang insiden tersebut dan terus menjalani aktivitasnya sebagai presenter dan melakukan shooting.

Hingga akhirnya kasus tersebut dibawa ke meja hijau dan diungkap ke media. Akibatnya, Seo Won dikeluarkan dari Music Bank serta drama About Time.

Dalam persidangan pertamanya, dia mengaku bersalah atas tuduhan pelecehan seksual dan ancaman kriminal terhadap A. Di persidangan keduanya, Seo Won meminta maaf kepada korban.

“Saya tidak begitu ingat, jadi saya hanya berasumsi berdasarkan pernyataan tersebut. Saya berharap saya dapat mengingat (kejadian itu). Saya sudah mencoba menghubungi (korban). Saya ingin meminta maaf meskipun melalui kenalan kami," kata Seo Won kata itu.

"Saya telah mengatakannya berkali-kali, tetapi saya tidak tahu apakah dia mendengarnya. Saya lebih menyesal karena saya tidak ingat dan benar-benar ingin mengatakan bahwa saya minta maaf. Dia adalah noona (sebutan untuk kakak perempuan) yang sangat dekat denganku," tambah Lee Seo Won.

Sidang ketiga digelar pada 25 Oktober 2018 dengan agenda mendengarkan kesaksian korban. Namun, saat sidang selanjutnya yang berlangsung pada 22 November kemarin,  Lee Seo Won tak hadir.

Ternyata, dia telah menjalani wajib militer pada 20 November sehingga absen dari persidangan. Akibatnya, persidangan ditunda hingga 10 Januari 2019.

Baca juga: Lee Seo Won Akui Lakukan Kekerasan Seksual dan Ancaman

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Soompi
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com