Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

19 Tahun Sejak Diperkenalkan, Ini 5 Film SpongeBob SquarePants

Kompas.com - 28/11/2018, 11:37 WIB
Aswab Nanda Pratama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - SpongeBob SquarePants, karakter berbentuk spons berwarna kuning, menjadi salah salah satu tokoh kartun yang memiliki banyak penggemar. Para penggemar SpongeBob semakin terlihat saat pembuat karakter SpongeBob, Stephen Hillenburg, meninggal dunia hari ini atau Selasa (27/11/2018) waktu Amerika Serikat. 

SpongeBob sendiri tak tampil sendirian. Dia tinggal di dalam rumah berbentuk nanas ditemani hewan peliharaannya, seekor siput bernama Gary.

Selain itu, SpongeBob juga memiliki teman baik bernama Patrick Star. Mereka tinggal di kota Bikini Bottom dan memiliki tetangga atau rekan kerja seperti Squidward Tentacles, gurita yang memiliki hobi memainkan klarinet; atau tupai bernama Sandy, yang hidup di dasar laut dengan bantuan tabung oksigen.

Karakter dalam kartun SpongeBob SquarePants memang diminati anak-anak maupun dewasa di berbagai belahan dunia.Gaya mereka yang lucu dan sikap unik masing-masing karakter menjadi ciri khas kartun itu.

Adapun, Stephen Hiilenburg telah menciptakan karakter itu sejak 1999. Setelah 19 tahun diperkenalkan, berikut sejumlah judul yang dibintangi SpongeBob dan kawan-kawan.

1. The SpongeBob SquarePants Movie (2004)

Kisah SpongeBob dan kawan-kawan dimunculkan sepanjang 11 musim di televisi. Nah, The SpongeBob SquarePants Movie merupakan film bioskop yang tayang dalam musim ketiga, tayang 2004.

Pada film ini, Stephen Hillenburg menjadi sutradara dan penulis.

Film ini mengisahkan irinya Plankton, musuh bebuyutan Mr Krab yang merupakan bos SpongeBob, perkembangan bisnis restoran Krusty Krab. Rencana jahat timbul dari Plankton dengan menuju istana Raja Neptune dan mencuri mahkota raja.

Raja Neptune akhirnya pergi ke Krusty Krab dan menuduh Mr Krab mencuri mahkota. Sebagai penyelamat, Spongebob dan Patrick mengendarai "Patty Wagon" yang merupakan mobil berbentuk patty (makanan serupa burger) dan mencari lokasi mahkota itu.

Akhinya, film ini sukses dan dapat menghasilkan keuntungan 140 juta dollar.

2. SpongeBob's Atlantis SquarePantis (2007)

Film TV ini masuk dalam musim kelima yang tampil pada 2007-2008. Film ini disutradari oleh Casey Alexander dan Zeus Cervas, serta Stephen Hillenburg dan Paul Tibbitt sebagai produser.

Episode awal dari film ini bermula saat SpongeBob dan Patrick berupaya mengabadikan sebuah gelembung, namun malah menemukan amulet dari Atlantis.

Keduanya lalu membawa amulet itu ke Museum Bikini Bottom. Hasilnya, Squidward memberitahu beberapa orang Bikini Bottom mengenai Atlantis.

Mereka akhirnya menuju ke Atlantis. Plankton hadir dengan menembakkan tank dan ingin menguasai daerah itu.

Film ini dirilis dalam DVD di Amerika Serikat dan Kanada. Setelah perilisan pertama, 8,8 juta penonton melihat film ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com