Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lemas, Dian Pramana Poetra Digendong ke Kursi Pesawat

Kompas.com - 27/12/2018, 14:16 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi dan pencipta lagu Deddy Dhukun mengungkapkan bahwa rekannya Dian Pramana Poetra (57) sampai digendong ke kursi pesawat karena tiba-tiba lemas saat berada di bandara.

Dian yang didiagnosis sementara mengidap kanker darah stadium empat ketika itu, Minggu (23/12/2018), sedang bersiap pulang ke Jakarta dari Banyuwangi, Jawa Timur.

"Di airport tambah lemas dia, enggak bisa jalan, pakai kursi roda. Terus digendong sama orang airport ke kursi pesawat. Itu sebelumnya diperiksa sama dokter dulu layak pulang atau enggak. Dokter bilang enggak apa-apa (naik pesawat pulang)," ujar Deddy kepada Kompas.com via telepon, Kamis (27/12/2018).

Dua hari sebelumnya, tepatnya Jumat (21/12/2018), ketika akan berangkat ke Banyuwangi, tiba-tiba Dian mengeluh lemas. Punggung dan perutnya sakit, selain itu ia juga sesak napas.

Deddy dan rekannya yang lain kemudian meminta kursi roda dari pihak bandara. Saat didudukkan, menurut Deddy, Dian tak bisa membuka matanya karena terlalu lemas.   

"Kami panggil orang-orang airport. Kami cek ke klinik bandara. Periksa darahnya sama kondisinya, saran dari dokter situ, 'oke enggak apa-apa berangkat'. Saya khawatir Om Dian berangkat karena kondisinya lemas kan. Tapi akhirnya dia tetap ngotot berangkat, mau show," ucap Deddy.

Akhirnya mereka tetap berangkat ke Banyuwangi. Saat akan naik pesawat, Dian harus dipapah dan diangkat agar bisa duduk di kursi pesawat.

Selama perjalanan, lanjut Deddy, Dian terus tertidur dan tak berbicara sama sekali. Sampai di Banyuwangi, pihak bandara mengantarkan Dian menggunakan kendaraan khusus sampai mobil jemputan mereka tiba.

"Begitu sampai hotel, kami panggil dokter. Dokter bilang ini lambungnya, terus kakinya agak bengkak. Terus kayaknya ada masalah ginjal juga dan sebagainya. Dikasih obat sama dokter, agak lumayan sudah bisa ngomong, makan sedikit-sedikit, tapi posisi masih di tempat tidur," ujar Deddy.

"Malamnya dia gelisah enggak bisa tidur, sakit punggungnya. Kami jagain kan. Sampai sore, dia enggak bisa ngapa-ngapain. Akhirnya show-nya diwakilin sama saya. Selesai itu, besoknya kami pulang," tambahnya.

Saat kembali ke Jakarta dan dibawa ke rumah sakit, barulah diketahui bahwa Dian mengidap kanker darah menurut diagnosis sementara dari dokter.

Baca juga: Keluarga Kaget Dengar Diagnosa Dokter soal Penyakit Dian Pramana Poetra

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com