Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rio Dewanto Bantu Bekraf dalam SXSW 2019 di AS

Kompas.com - 26/02/2019, 21:00 WIB
Andika Aditia,
Ati Kamil

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Rio Dewanto (31) ditunjuk oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk membantu mengenalkan berbagai industri kreatif dari Indonesia dalam Game Connection America (GCA) yang digelar di San Francisco, pada 18-21 Maret 2019.

Rio akan berangkat bersama belasan anggota lain delegasi yang juga ditunjuk oleh Bekraf untuk mewakili masing-masing subsektor ekonomi kreatif, yaitu game developer dan aplikasi, musik, serta fashion.

"Sekarang saya lagi urus surat (pergi ke luar negeri) segala macam, kami ingin sama-sama kenalkan game Indonesia, industri kreatif, terutama game, modernisasi, dan kehebatan anak-anak muda," ucap Rio ketika ditemui dalam jumpa pers Archipelageek Bekraf 2019 di Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (26/2/2019).

Semua itu, lanjut Rio Dewanto, merupakan hal baru bagi Rio Dewanto, apalagi selama ini ia berfokus pada bidang film.

Namun, menurut Rio, dunia film dan games sesungguhnya memiliki kaitan yang sangat erat dan saling mempengaruhi.

"Ini buat saya merupakan sesuatu yang baru, datang ke acara asosiasi games dan sebagainya. Tapi, menurut saya, ada kedekatan film dan game. Even yang saya lakukan pas film Filosofi Kopi, sebelum tayang, kami buat mobile game juga. Sekarang, yang lagi tayang, film Foxtrot Six, kami juga tap in dengan game Modern Combat 5," ungkapnya.

Atas penunjukan dirinya, suami dari artis peran Atiqah Hasiholan ini berharap bisa banyak membantu agar industri kreatif Tanah Air bisa lebih berkembang dan dikenal secara global.

"Untuk membuat game kreatif, yang saya harapkan perusahaan game ini bisa mendapatkan co-founding, bisa menemukan investor, dan sebagainya. Semoga terbuka kesempatan karena di sana (AS) kan B to B, kalau di film seperti film market gitu kan," tuturnya.

"Masih banyak banget kesempatan dan peluang yang bisa dibangun di Indonesia dengan memiliki intellectual properties itu bisa banget di-extend, bisa game, bisa cosplay, anything. Ide kreatif itu mahal banget harganya," sambungnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com