Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiwil Mengaku Lebih Tenang Setelah Dalami Agama

Kompas.com - 28/05/2019, 17:48 WIB
Andika Aditia,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komedian Wildan Delta atau yang dikenal sebagai Kiwil mengaku lebih tenang menjalani hidup setelah mendalami ilmu agama.

Menurut Kiwil, dirinya menjadi punya pegangan dalam menghadapi berbagai kesulitan.

"Iyalah bahkan orang yang hijrah itu banyak, tapi malah sebenarnya Allah SWT yang permudah dengan kuatkan mental dan kuatkan imannya dengan takwa, bahkan kalau kita sudah dekat sama Allah SWT mau minta dunia juga dikasih," ucapnya usai tampil dalam sebuah acara di salah satu televisi swasta di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Selasa (28/5/2019). 

Kiwil pun mencontohkan seperti apa yang dirasakan oleh salah satu gurunya yang baru saja berpulang, yakni Ustaz Arifin Ilham.

Baca juga: Banyak Teman Sudah Meninggal Bikin Kiwil Lebih Giat Beribadah

"Contohnya tadi Ustaz Arifin Ilham, meski yatim tapi semuanya dikasih. Harta berlimpah, rumah tangga yang sakinah mawadah warahmah dan putra putri yang soleh, dan wafatnya dalam keadaan khusnul khotimah mau ngapain lagi, itu yang nikmat, dan hidup beliau juga sama dulunya seperti Kiwil penuh dengan cobaan," tuturnya.

Berkait pekerjaan yang kini lebih selektif setelah mendalami agama, pria berusia 46 tahun ini mengaku tak berpengaruh terhadap penghasilannya.

"Jadi siapa bilang rezekinya berkurang, malah makin bertambah," ujarnya.

Ketika ditanya kegiatan barunya yang mulai rutin mengisi berbagai kajian agama, Kiwil mengatakan bahwa dirinya memang kini sering mendatangi banyak daerah untuk berbagi ilmu agama.

Namun, pria yang terkenal lewat program televisi Spontan mengaku bahwa ia masih sebatas berbagi ilmu agama hanya pada orang-orang terdekatnya saja.

"Iya sering mengisi (kajian) ke seluruh pelosok daerah. Tapi dakwah itu bukan buat orang lain, tapi dakwah itu buat diri saya, dan saya cuma sharing berbagi sesama. Ambil baiknya buang buruknya," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com